Masker Kain Sudah Tak Direkomendasikan, Ini Rekomendasi Masker yang Bisa Dipakai

- Selasa, 16 November 2021 | 09:00 WIB
Ini rekomendasi masker bagus pengganti masker kain. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Ini rekomendasi masker bagus pengganti masker kain. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

rekomendasi masker bagus selain masker kain. Apa saja?

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Meskipun kasus Covid-19 melandai, memakai masker masih menjadi hal penting dalam menjalani new normal. Namun, masker kain ternyata sudah tak lagi direkomendasikan para ahli.

Kepala Badan Kesehatan Masyarakat Kanada Dr Theresa Tam mengatakan, memilih masker yang tepat sama pentingnya seperti vaksinasi dalam hal penanggulangan Covid-19.

Bila vaksinasi mencegah terjadinya sakit berat dan kematian akibat Covid-19 dari dalam tubuh lewat kekebalan, masker mencegah dari luar tubuh agar virus SARS-CoV-2 tak terhirup masuk ke dalam sistem pernapasan.

Baca Juga: Cegah Covid-19 dengan Hindari 3 Kebiasaan Pakai Masker Ini

"Masker merupakan bagian dasar yang penting dalam menghalau inhalasi virus dan penyebaran antaraorang," ujar Dr Tam, seperti dilansir CTV News dari Republika, Selasa, 16 November 2021.

Saat ini, ada beberapa jenis masker yang beredar luas di tengah masyarakat. Masker-masker tersebut meliputi masker kain, masker medis, hingga Masker N95. Di antara ketiga jenis masker ini, Masker N95 adalah masker yang memiliki efektivitas terbaik dalam mencegah penularan Covid-19

"Tetapi lebih sulit bernapas melalui Masker N95," ungkap mantan direktur jendral Public Health Agency of Canada's Centre for Emergency Preparedness and Response Dr Roland St John.

Untuk keseharian, Dr St John lebih merekomendasikan masker medis yang biasanya hadir dengan warna biru muda di bagian depan dan putih di bagian belakang. Jenis masker ini dinilai lebih praktis dan juga cukup efektif bila digunakan secara benar.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X