Kuku Bisa Tunjukan Tanda Kanker, Cek Perubahan Tekstur dan Warna

- Senin, 15 November 2021 | 16:33 WIB
Kondisi kuku mampu menunjukkan pertanda kanker, kenali cara cek perubahan tekstur kuku dan warna kuku yang mengindikasikan pertanda kanker.ilustrasi (Shutterstock)
Kondisi kuku mampu menunjukkan pertanda kanker, kenali cara cek perubahan tekstur kuku dan warna kuku yang mengindikasikan pertanda kanker.ilustrasi (Shutterstock)

Kondisi kuku mampu menunjukkan pertanda kanker, kenali cara cek perubahan tekstur kuku dan warna kuku yang mengindikasikan pertanda kanker.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kuku merupakan bagian integral dari tubuh yang membantu melindungi jari tangan dan kaki. Sehingga kita bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti menggaruk atau memungut sesuatu.

Anda pun bisa mendeteksi suatu penyakit dari tampilan kuku. Karena, kuku juga termasuk bagian tubuh yang mendapatkan aliran darah dan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Anda mungkin sering mengabaikan perubahan warna kuku karena mengganggapnya tidak berbahaya. Tapi, perubahan warna kuku bisa menjadi pertanda penyakit kronis, seperti kanker.

Baca Juga: 31 Daftar HP Oppo Terbaru 2021, Ada Oppo A95 hingga Oppo A55s Spesifikasi dan Harga Lengkap

Perubahan kuku bisa terjadi pada semua orang, tergantung dari jenis penyakit dan kurangnya nutrisi tertentu pada tubuh seseorang. Kuku yang menguning atau menebal bisa merupakan tanda infeksi jamur.

Kuku yang rapuh mungkin pertanda penyakit tiroid atau anemia. Jika Anda melihat retakan kecil pada kuku, itu mungkin tanda psoriasis atau alopecia areata. Selain itu, garis putih di bawah kuku bisa berarti menderita penyakit ginjal atau hati.

Setiap perubahan warna dan tekstur pada kuku tidak boleh diabaikan, karena bisa mengindikasikan kanker. Melanoma subungual salah satu jenis kanker kulit yang dideteksi melalui perubahan warna kuku.

Baca Juga: 27 HP Samsung Terbaru 2021, Ini Daftar Harga dan Spesifikasinya

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB

Waktu Tidur Bayi, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB
X