Menggigil Tetapi Tidak Demam, Pertanda Idap Penyakit Tertentu?

- Senin, 15 November 2021 | 09:30 WIB
Menggigil sering kali muncul mendahului demam ketika seseorang akan sakit. Kondisi ini umum terjadi pada banyak penyakit, khususnya malaria. ilustrasi (Freepik)
Menggigil sering kali muncul mendahului demam ketika seseorang akan sakit. Kondisi ini umum terjadi pada banyak penyakit, khususnya malaria. ilustrasi (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kondisi demam sering kali diiringi dengan gejala menggigil. Akan tetapi, ada kalanya tubuh menggigil meski suhu tubuh normal. Meski tak disertai demam, menggigil juga bisa menjadi pertanda bahwa tubuh mungkin sedang mengidap penyakit tertentu.

Dr Don Middleton dari University of Pittsburgh Medical Center mengatakan menggigil sering kali muncul mendahului demam ketika seseorang akan sakit. Kondisi ini umum terjadi pada banyak penyakit, khususnya malaria.

"Umumnya pada sebuah infeksi, Anda akan mengalami satu atau dua menggigil hebat, kemudian demam, dan Anda merasa sangat buruk," jelas Dr Middleton.

Baca Juga: 31 Daftar HP Oppo Terbaru 2021, Ada Oppo A95 hingga Oppo A55s Spesifikasi dan Harga Lengkap

Ada beberapa masalah kesehatan lain yang juga sering disertai dengan menggigil. Salah satu di antaranya adalah rheumatoid arthritis. Dr Middleton mengatakan infeksi arthritis atau penyakit Lyme juga bisa disertai dengan gejala menggigil.

Terkadang, menggigil dapat menjadi gejala dari beberapa jenis kanker. Menggigil yang berkaitan dengan kanker kerap muncul dengan karakteristik yang unik.

"Bila Anda mengidap kanker, Anda mungkin akan menggigil setiap malam. Itu berarti Anda sangat perlu memeriksakan diri ke dokter," ungkap Dr Middleton.

Di samping itu, menggigil juga dapat menjadi tanda dari hipotiroidisme, anemia, atau kadar gula darah yang rendah. Dr Middleton menambahkan, orang yang mengalami reaksi alergi terhadap obat-obatan tertentu atau sedang melalui proses withdrawal bisa mengalai gejala menggigil.

Akan tetapi, dinukil Republika.co.id, menggigil juga bisa terjadi meski tidak sedang sakit. Kondisi paling umum yang dapat menyebabkan seseorang menggigil adalah suhu udara yang dingin. Keluhan menggigil lebih mungkin terjadi ketika seseorang menggunakan baju yang basah atau tak menggunakan cukup banyak baju hangat di tengah suhu dingin.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Langkah Cerdas Mencegah Diabetes pada Milenial

Jumat, 30 September 2022 | 15:29 WIB

7 Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Jarang Disadari

Selasa, 6 September 2022 | 16:13 WIB
X