Hati-Hati, Ini Efek Buruk Konsumsi Jahe secara Berlebihan

- Senin, 15 November 2021 | 09:00 WIB
Jahe juga bisa menjadi bumerang bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Apa saja efek buruk konsumsi jahe berlebihan? (Couleur dari Pixabay)
Jahe juga bisa menjadi bumerang bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Apa saja efek buruk konsumsi jahe berlebihan? (Couleur dari Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Jahe memiliki manfaat kesehatan yang ajaib. Jahe dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, membantu meredakan kram menstruasi, mengobati sakit tenggorokan, membantu mengatasi mual, dan juga membantu menurunkan berat badan.

Di balik itu semua, jahe juga bisa menjadi bumerang bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Apa saja efek buruk konsumsi jahe berlebihan? Berikut ulasannya, dikutip dari Times Now News.

1. Iritasi tenggorokan
Di satu sisi, jahe dapat membantu meredakan iritasi tenggorokan yang disebabkan oleh radang amandel atau masalah kesehatan lainnya. Namun, jika berlebihan mengonsumsinya, asupan jahe justru dapat mengganggu lapisan mukosa mulut dan tenggorokan.

Baca Juga: 31 Daftar HP Oppo Terbaru 2021, Ada Oppo A95 hingga Oppo A55s Spesifikasi dan Harga Lengkap

2. Diare
Jahe adalah bahan yang menjaga saluran pencernaan tetap bersih dan sehat. Namun, ketika dikonsumsi terlalu banyak, senyawa yang terkandung di dalamnya dapat mempercepat laju makanan yang dikeluarkan melalui usus sehingga memicu diare.

3. Dapat menyebabkan pendarahan
Jahe memiliki sifat antiplatelet. Bila dikonsumsi dalam jumlah yang sangat tinggi, jahe dapat menyebabkan pendarahan. Selanjutnya, ketika jahe dicampur dengan cengkih dan bawang putih, pendarahan bisa memburuk. Itu mungkin menjadi bumerang bagi kesehatan.

4. Jantung berdetak tak teratur
Pasien yang memiliki masalah jantung dan sedang menjalani pengobatan sering diingatkan akan efek konsumsi jahe. Konsumsi jahe berlebih pada pasien jantung dapat meningkatkan risiko detak jantung tidak teratur.

Baca Juga: 24 Daftar Harga HP Samsung Terbaru 2021 dan Spesifikasi Lengkapnya

5. Dapat menyebabkan keguguran
Calon ibu juga diperingatkan untuk tidak konsumsi jahe berlebihan karena risiko keguguran. Ginekolog dan ahli nutrisi telah lama merekomendasikan untuk konsumsi jahe kurang dari 1.500 mg dalam sehari untuk menghindari risiko keguguran. Namun, agar lebih aman, hindari dulu konsumsi jahe selama sembilan bulan.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB

Waktu Tidur Bayi, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB

5 Buah Enak yang Bantu Menguatkan Tulang

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:04 WIB
X