Gejala Kolesterol Jarang Disadari, Kenali Makanan Penurun Kolesterol hingga Cara Menurunkannya

- Sabtu, 13 November 2021 | 11:00 WIB
ilustrasi munculnya gejala kolesterol tinggi merupakan kondisi yang jarang terlihat jelas, tetapi tergolong cukup serius. Karena, gejala kolesterol bisa memicu berbagai penyakit serius makan kenali makanan penurun kolesterol hingga cara menurunkan kolesterol. (Freepik)
ilustrasi munculnya gejala kolesterol tinggi merupakan kondisi yang jarang terlihat jelas, tetapi tergolong cukup serius. Karena, gejala kolesterol bisa memicu berbagai penyakit serius makan kenali makanan penurun kolesterol hingga cara menurunkan kolesterol. (Freepik)

Munculnya gejala kolesterol tinggi merupakan kondisi yang jarang terlihat jelas, tetapi tergolong cukup serius. Karena, gejala kolesterol bisa memicu berbagai penyakit serius makan kenali makanan penurun kolesterol hingga cara menurunkan kolesterol.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kadar kolesterol tinggi yang tidak terkendali dapat menyebabkan munculnya penyakit berbahaya, seperti stroke, serangan jantung, dan penyakit arteri perifer (PAD). Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui tanda-tanda kolesterol tinggi agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

Dikutip dari Alodokter.com, sebenarnya kolesterol tidak selamanya buruk bagi tubuh Anda, karena sejatinya tubuh memerlukan zat tersebut untuk mendukung proses metabolisme, membangun sel-sel baru, membantu produksi vitamin D, dan membentuk hormon.

 

Sayangnya, gaya hidup yang tidak sehat kerap menjadi faktor utama penyebab meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Jika kondisi ini terus dibiarkan, kolesterol akan membentuk plak yang dapat menghambat aliran darah, sehingga memicu timbulnya penyakit jantung dan pembuluh darah.

Baca Juga: 27 HP Samsung Terbaru 2021, Ini Daftar Harga dan Spesifikasinya

Gejala-gejala kolesterol
Memang tidak ada keluhan “khas” yang dapat menggambarkan gejala kolesterol dengan pasti. Meski begitu, ada beberapa gejala kolesterol yang sering dirasakan saat seseorang mengalami kolesterol tinggi, di antaranya:

 

1. Nyeri di bagian tengkuk
Meski bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti nyeri otot dan saraf, nyatanya keluhan ini cukup sering dialami oleh orang yang mengalami kolesterol tinggi. Hal ini dikaitkan dengan penumpukan plak di pembuluh darah pada area leher. Penumpukan plak ini dapat menghalangi aliran darah yang ada di leher dan menuju ke otak.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB

Waktu Tidur Bayi, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB

5 Buah Enak yang Bantu Menguatkan Tulang

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:04 WIB

Roti Enak Ini Tingkatkan Risiko Kematian

Senin, 20 Juni 2022 | 13:56 WIB
X