Daftar Makanan Penurun Kolesterol dan Asam Urat, Lengkap Dengan Pantangannya

- Jumat, 12 November 2021 | 20:56 WIB
makanan penurun kolesterol dan asam urat kian banyak dicari untuk menunjang proses terapi dan pengobatan alami dari penderita kolesterol dan penderita asam urat. Lantas apakah makanan pantangan kedua penyakit ini? ilustrasi (Pixabay)
makanan penurun kolesterol dan asam urat kian banyak dicari untuk menunjang proses terapi dan pengobatan alami dari penderita kolesterol dan penderita asam urat. Lantas apakah makanan pantangan kedua penyakit ini? ilustrasi (Pixabay)

makanan penurun kolesterol dan asam urat kian banyak dicari untuk menunjang proses terapi dan pengobatan alami dari penderita kolesterol dan penderita asam urat. Lantas apakah makanan pantangan kedua penyakit ini?

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Penderita kolesterol dan darah tinggi, biasanya memiliki kecenderungan menderita asam urat. Kadar asam urat dan kolesterol dalam darah dapat dijaga dengan rutin olahraga dan menghindari atau mengurangi makanan tertentu.

Penyakit asam urat adalah radang sendi yang bisa menyebabkan sendi (biasanya di jempol kaki) mendadak terasa nyeri, perih, kaku, terasa panas, dan bengkak. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan zat yang disebut asam urat dalam darah.

Penyakit asam urat berhubungan dengan sejumlah masalah metabolisme, salah satu contohnya adalah kolesterol. Kolesterol diduga bisa meningkatkan, atau menjadi faktor risiko berkembangnya penyakit asam urat.

Baca Juga: Cek Harga HP Oppo A95 4G Terbaru 2021 dan Spesifikasi Lengkapnya

daftar makanan penurun kolesterol dan asam urat, lengkap dengan pantangannya

Salah satu cara menjaga kadar asam urat dan kolesterol dalam darah tetap stabil adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, termasuk menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur. Dinukil Alodokter.com, ada beberapa makanan yang bisa membuat asam urat dan kolesterol jadi tinggi. Apa sajakah itu?

Jeroan
Tak cuma penderita asam urat yang dilarang mengonsumsi jeroan, orang dengan kolesterol tinggi juga disarankan untuk menghindarinya. Ampela, babat, kikil, hati, ginjal, usus, dan otak memiliki kandungan purin yang tinggi dan berkontribusi meningkatkan kadar asam urat. Purin adalah senyawa kimia tertentu dalam beberapa makanan yang akan berubah menjadi asam urat jika dipecah.

Selain itu, hati juga mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Alasannya karena kolesterol dibuat dan disimpan di dalam hati, sehingga tingkat kolesterol tertinggi dalam daging hewan ditemukan pada organ hatinya.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X