Penderita Diabetes Bisa Hidup Normal, Ini Cara Kendalikan Gula Darah

- Jumat, 12 November 2021 | 20:11 WIB
Penderita diabetes bisa hidup normal dan sehat. Lantas bagaimana tips dan cara kendalikan gula darah? ilustrasi (Pixabay)
Penderita diabetes bisa hidup normal dan sehat. Lantas bagaimana tips dan cara kendalikan gula darah? ilustrasi (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Diabetes melitus memang bukan penyakit yang bisa disembuhkan. Namun, bukan berarti penderita diabetes tidak bisa hidup normal.

Anda tetap bisa aktif menjalani rutinitas harian selama Anda berusaha menjaga kadar gula darah normal. Lantas bagaimana tips dan cara kendalikan gula darah?

Selain perubahan pola hidup yang lebih sehat, pengobatan dengan pil, suntik insulin, dan obat alami turut menjadi solusi untuk mengendalikan gejala serta mencegah komplikasi diabetes melitus yang berbahaya.

Baca Juga: Link Download WhatsApp GB APK 2021 Terbaru Gratis November, Bisa Kirim Pesan Terjadwal

Haruskan penderita diabetes minum obat dan suntik insulin?
Diabetes melitus merupakan penyakit yang terdiri atas kumpulan gejala yang disebabkan oleh tingkat gula (glukosa) dalam darah yang tinggi. Oleh sebab itu, tujuan pengobatan yang utama untuk penyakit kencing manis ini adalah mengendalikan kadar gula dalam darah dalam rentang normal.

Pengobatan untuk penderita diabetes dapat berbeda-beda bergantung dengan kondisi kesehatan, keparahan gejala diabetes, usia, kemampuan tubuh menerima obat, dan jenis diabetes yang dialami.

Penyebab utama penyakit diabetes tipe 1 adalah kurang atau tidak adanya produksi hormon insulin yang bertugas membantu penyerapan gula darah menjadi energi di dalam sel-sel tubuh.

Kondisi ini menyebabkan penderita diabetes tipe 1 harus menjalani pengobatan dengan obat insulin untuk menggantikan hormon insulin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sementara itu, diabetes tipe 2 lebih disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Itu sebabnya, terkadang mereka tak perlu minum obat ataupun suntik insulin untuk menurunkan kadar gula darah.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Penyebab Osteoporosis di Usia Muda, Apa Saja?

Rabu, 26 Januari 2022 | 16:08 WIB

Gejala Omicron Paling Buruk, Kenali 10 Daftarnya

Rabu, 26 Januari 2022 | 15:43 WIB

Penyebab Serangan Jantung yang Sering Diabaikan

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:43 WIB

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB
X