5 Jenis Olahraga Penderita Rematik yang Tepat, Aman, dan Menyehatkan

- Rabu, 10 November 2021 | 11:31 WIB
Olahraga penderita rematik. Ilustrasi. (Freepik)
Olahraga penderita rematik. Ilustrasi. (Freepik)

5 jenis olahraga penderita rematik yang tepat, aman, dan menyehatkan diulas lengkap dalam artikel ini.
 
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Mengalami rematik akan terasa nyeri sendi atau otot. Tapi, hal tersebut bukan berarti menyebabkan Anda untuk berhenti gerak atau olahraga.

Mengutip dari situs Arthritis Foundation, tetap berolahraga meski tengah menderita rematik, maka dapat meredakan rasa nyeri yang muncul dari rematik.
 
 
Terdapat jenis olahraga yang tepat untuk penderita rematik. Kelima jenis olahraga ini aman dilakukan, menyehatkan tubuh dan kualitas hidup penderita rematik menjadi lebih baik.

Tentu akan terasa berat ketika aktif bergerak, terlebih rasa nyeri muncul bersamaan saat berolahraga. Tapi, kelima olahraga ini mampu memperbaiki fungsi sendi dan otot menjadi lebih kuat, terutama bagi penderita rematik.
 
Selain meningkatkan kelenturan tubuh, dengan berolahraga maka akan meminimalisir risiko terkena kompilasi penyakit rematik, seperti jantung dan lain-lain.
 
 
Berikut 5 jenis olahraga penderita rematik yang tepat:

1. Jalan kaki
 
Olahraga paling mudah, hemat, dan menyehatkan bagi penderita rematik. Meski terdengar sederhana, dengan berjalan kaki, maka sendi-sendi di dalam tubuh akan melentur, lemas, sehingga mengurangi rasa nyeri.

Anda cukup berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari setiap harinya.

2. Bersepeda

Rematik bisa menjadi pemicu kompilasi penyakit, seperti masalah jantung, pembuluh darah. 
 
Dengan bersepeda, maka jantung Anda bisa memacu detak jantung, memperkuat otot kaki, dan mengurangi rasa kaku pada sendi.

3. Yoga
 
Olahraga ini menggabungkan pada relaksasi dan teknik pernapasan. Dengan irama yang beraturan, yoga bermanfaat untuk penderita rematik sebab gerakan yoga melatih keseimbangan dan kelenturan tubuh.
 
4. Tai Chi

Seni bela diri tradisional asal China ini memfokuskan pada kelembutan dan keselarasan. Dengan Tai Chi, maka otot akan berfungsi semakin meningkat dan rasa nyeri semakin berkurang.
 
5. Berenang
 
Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan, olahraga di dalam air hangat atau hidroterapi dapat mengurangi rasa nyeri pada penderita rematik.
 
 
Itulah 5 jenis olahraga penderita rematik yang tepat, aman, dan menyehatkan. Semoga bermanfaat.

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X