Apakah Aman Pakai Pasta Gigi untuk Jerawat?

- Jumat, 5 November 2021 | 12:12 WIB
Apakah penggunaan pasta gigi untuk jerawat benar-benar efektif dan aman? Bagaimana cara mengatasi jerawat dengan benar? Simak tipsnya di sini! (Pixabay)
Apakah penggunaan pasta gigi untuk jerawat benar-benar efektif dan aman? Bagaimana cara mengatasi jerawat dengan benar? Simak tipsnya di sini! (Pixabay)

Apakah penggunaan pasta gigi untuk jerawat benar-benar efektif dan aman? Bagaimana cara mengatasi jerawat dengan benar? Simak tipsnya di sini!

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ada beragam alternatif cara menghilangkan jerawat yang dipercaya masyarakat. Salah satu yang sempat ramai diperbincangkan adalah dengan menggunakan pasta gigi untuk jerawat. Namun, secara medis, apakah penggunaan pasta gigi untuk jerawat benar-benar efektif dan aman?

Sebagai acne fighter, mungkin kamu sudah melakukan berbagai macam cara menghilangkan jerawat. Mulai dari menggunakan obat oles, menjalani perawatan kulit rutin, atau mungkin kamu pernah juga mencoba cara alternatif, seperti mengoleskan pasta gigi untuk jerawat?

Mengoleskan pasta gigi untuk jerawat sempat menjadi tren di masyarakat, lho. Hal ini karena kandungan dalam pasta gigi dipercaya dapat membuat jerawat cepat kering.

Baca Juga: Harga HP Oppo A95 4G Terbaru 2021 dan Spesifikasi Lengkapnya

keamanan penggunaan pasta gigi untuk jerawat
Dinukil Alodokter.com, tren penggunaan pasta gigi untuk jerawat ini sebenarnya banyak dilakukan karena bahan aktif yang terkandung di dalam pasta gigi dipercaya dapat mengempiskan jerawat dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Salah satu kandungan tersebut adalah triclosan. Triclosan memiliki efek antiseptik yang mampu membunuh bakteri atau kuman. Namun, jika digunakan pada jerawat, ternyata kandungan ini tidak efektif membunuh bakteri penyebab jerawat, lho.

Selain triclosan, pasta gigi juga mengandung baking soda, alkohol, dan hidrogen peroksida. Kombinasi bahan ini dipercaya mampu mengeringkan jerawat. Padahal, ketika dioleskan ke kulit wajah, terutama yang sedang berjerawat, bahan-bahan tersebut justru bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan memicu iritasi.

Satu lagi bahan yang terkandung di dalam pasta gigi dan bisa memicu masalah baru di kulit adalah sodium lauryl sulfate (SLS). Pada beberapa orang dengan kulit yang sensitif, penggunaan pasta gigi pada kulit bahkan bisa menimbulkan luka bakar hingga memicu dermatitis kontak, lho.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Meniran Diklaim Bisa Jadi Obat Covid-19, Benarkah?

Selasa, 30 November 2021 | 14:31 WIB

BAB Setiap Hari Sehat? Ini Jawabannya

Selasa, 30 November 2021 | 12:15 WIB

Sakit Perut Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin, 29 November 2021 | 21:41 WIB

Waspadai 5 Efek Samping Setelah Sembuh Demam Berdarah

Senin, 29 November 2021 | 18:17 WIB

7 Ciri Berat Badan Mulai Turun dan Angka Idealnya

Senin, 29 November 2021 | 15:10 WIB
X