7 Trik Jitu Cara Berhenti Makan Junk Food

- Kamis, 4 November 2021 | 17:28 WIB
trik jitu cara berhenti makan junk food menjadi salah satu alternatif untuk menerapkan pola hidup sehat. Penasaran? Ini dia caranya.ilustrasi (iStock)
trik jitu cara berhenti makan junk food menjadi salah satu alternatif untuk menerapkan pola hidup sehat. Penasaran? Ini dia caranya.ilustrasi (iStock)

trik jitu cara berhenti makan junk food menjadi salah satu alternatif untuk menerapkan pola hidup sehat. Penasaran? Ini dia caranya.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Yang enak itu justru biasanya yang tidak baik buat kesehatan. Anda pernah dengar kata-kata seperti ini? Junk food seperti gorengan, camilan tinggi gula dan garam, dan minuman soda memang punya cita rasa yang khas.

Namun, tahukah Anda kalau selama ini Anda tertipu oleh perusahaan-perusahaan junk food? Mungkin Anda tak begitu ingin makan junk food, tapi terbuai oleh promosi yang gencar ditawarkan restoran. Lalu bagaimana cara berhenti makan junk food terus? Ini dia caranya.

Siasat jitu cara berhenti makan junk food
Anda mungkin sudah paham kalau terlalu banyak mengonsumsi junk food berarti meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, hingga kanker. Informasi itu belum cukup untuk menghentikan Anda beli junk food? Tenang, masih ada tujuh cara berikut ini.

Baca Juga: Viral Video Evakuasi Kecelakaan Vanessa Angel di Tol, Ini Doa dari Sandiaga Uno

1. Jangan beli menu paket
Ketika membeli junk food di restoran cepat saji, Anda akan ditawarkan dua pilihan. Beli menu paket atau beli satuan saja. Kalau dihitung-hitung, memang menu paket jadi lebih murah. Padahal Anda tidak membutuhkan seluruh jenis makanan dan minuman dalam paket tersebut.

Mulai sekarang biasakan untuk beli menu satuan. Lebih baik minuman bersoda diganti dengan air putih saja. Anda juga sebenarnya tak perlu menu tambahan seperti kentang goreng atau es krim yang tinggi lemak dan kalori.

2. Jangan tertipu kata-kata iklan
Anda bisa perlahan-lahan berhenti makan junk food kalau tahu bahwa selama ini Anda ditipu iklan. Perusahaan junk food akan menggunakan kata-kata yang terdengar meyakinkan seperti “daging premium” dan, “kaya akan nutrisi”. Kata-kata ini belum tentu benar, lho. Menurut Brian Wansink, PhD, seorang peneliti perilaku konsumen dari Cornell University, orang-orang memang mudah terjebak kata-kata iklan seperti itu.

3. Selalu sediakan makanan sehat
Anda pasti jadi ngidam junk food kalau Anda sedang lapar atau ingin ngemil sesuatu. Maka, cegah keinginan beli junk food dengan cara selalu menyediakan makanan sehat di dekat Anda. Di kulkas, pastikan selalu ada stok makanan sehat seperti daging ayam segar dan sayuran, bukan sosis atau nugget.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB

Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Bumi kata BNPB

Jumat, 14 Januari 2022 | 17:05 WIB

4 Dampak Buruk Akibat Nonton Film Porno

Jumat, 14 Januari 2022 | 12:14 WIB
X