Alasan Ibu Hamil Perlu Batasi Makan Ikan, Ini Penyebabnya

- Kamis, 4 November 2021 | 09:58 WIB
[Ilustrasi hidangan ikan] Ibu hamil diharap menghindari makan terlalu banyak ikan. Sebab, dikhawatirkan adanya dampak merkuri pada sistem saraf bayi yang sedang berkembang. (Pixabay)
[Ilustrasi hidangan ikan] Ibu hamil diharap menghindari makan terlalu banyak ikan. Sebab, dikhawatirkan adanya dampak merkuri pada sistem saraf bayi yang sedang berkembang. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Konsumsi ikan menawarkan berbagai manfaat. Namun selama bertahun-tahun, ibu hamil diharap menghindari makan terlalu banyak ikan. Sebab, dikhawatirkan adanya dampak merkuri pada sistem saraf bayi yang sedang berkembang.

Dalam Studi Yunani yang muncul di JAMA Pediatrics, menemukan ibu hamil yang makan ikan lebih dari tiga kali per minggu mengalami peningkatan risiko memiliki bayi yang tumbuh dengan cepat dan kemudian menjadi gemuk di masa kanak-kanak.

Hal itu karena polutan dari air dapat mengganggu perkembangan sistem hormon janin, kata peneliti.

Baca Juga: Bocoran Spesifikasi Oppo A95 4G, Berapa Harga HP Oppo Terbaru Ini?

Dilansir dari Parents, untuk mencapai kesimpulan mereka, para peneliti melihat gabungan dari 15 penelitian yang diterbitkan sebelumnya termasuk lebih dari 26.000 wanita hamil dan anak-anak mereka selama 15 tahun.

Anak-anak yang lahir di berbagai negara Eropa dan Massachusetts, dianalisis dengan interval dua tahun hingga mereka mencapai usia 6 tahun.

Asupan ikan sedang tiga kali per minggu atau kurang menunjukkan tidak ada korelasi dengan pertumbuhan yang cepat atau obesitas.

Tetapi para peneliti mencatat wanita yang makan makanan laut lebih sering memiliki 22 persen peningkatan risiko melihat efek ini.

Menariknya, tampaknya lebih menonjol pada anak perempuan dibandingkan anak laki-laki. Namun peneliti tidak mengatakan apakah ada hubungannya dengan perbedaan hormonal mereka.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB
X