5 Manfaat Jagung Ungu, Usir Diabetes hingga Darah Tinggi

- Selasa, 2 November 2021 | 13:47 WIB
Jagung ungu tak hanya memiliki warna cantik yang indah dipandang, tetapi punya segudang manfaat dari usir diabetes hingga darah tinggi. (Shutterstock)
Jagung ungu tak hanya memiliki warna cantik yang indah dipandang, tetapi punya segudang manfaat dari usir diabetes hingga darah tinggi. (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tak banyak yang tahu, manfaat jagung ungu tak hanya memiliki warna cantik yang indah dipandang, tetapi juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Warna ungu pada jagung ini karena kandungan antosianin yang tinggi, yaitu zat dengan sifat antioksidan, antivirus, antiperadangan, dan juga antikanker.

Jagung ungu merupakan jenis jagung yang berasal dari Peru, Amerika Selatan, dan telah banyak dibudidayakan di berbagai negara. Pigmen ungu pada biji jagung ini mengandung antosianin yang diketahui dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: PENGUMUMAN HASIL SELEKSI KARTU PRAKERJA GELOMBANG 22, Cek Nama Anda di Sini

Kandungan nutrisi dalam jagung ungu dan jagung kuning tidak jauh berbeda. Kandungan itu meliputi karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, serta kaya akan antioksidan dan flavonoid.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, rasa jagung ungu juga dinilai lebih enak daripada jagung kuning dan dapat menjadi alternatif pewarna makanan.

Beragam manfaat jagung ungu
Tak hanya kaya akan antosianin, jagung ungu juga mengandung beragam senyawa fenolik, seperti asam kafeat, asam vanilat, luteolin, dan quercetin yang baik untuk kesehatan tubuh. Dinukil Alodokter.com, berikut ini adalah beragam manfaat yang dapat Anda peroleh saat mengonsumsi jagung ungu:

1. Menurunkan resistensi insulin
Resistensi insulin merupakan kondisi dimana sel-sel tubuh tidak dapat merespons insulin, sehingga tidak mampu memecah glukosa. Kondisi ini dapat meningkatkan kadar gula darah dan dapat memicu diabetes tipe 2.

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji jagung ungu dapat menurunkan resistensi insulin, yang ditandai dengan meningkatnya penyerapan glukosa darah. Selain itu, ekstrak biji jagung ungu juga mengandung alfa-amilase yang berperan penting dalam pemecahan karbohidrat kompleks dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ciri atau Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB
X