5 Bahaya Terlalu Percaya Diri, Tak Selalu Baik

- Senin, 1 November 2021 | 13:21 WIB
ilustrasi -- terlalu percaya diri atau memiliki rasa percaya diri yang berlebihan bisa menimbulkan dampak buruk bagi kehidupan pribadi, sosial, dan karir. (Freepik)
ilustrasi -- terlalu percaya diri atau memiliki rasa percaya diri yang berlebihan bisa menimbulkan dampak buruk bagi kehidupan pribadi, sosial, dan karir. (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Memiliki rasa percaya diri memang hal yang baik. Namun, terlalu percaya diri atau memiliki rasa percaya diri yang berlebihan justru bisa menimbulkan dampak buruk bagi kehidupan pribadi, sosial, dan karir, lho.

Percaya diri adalah sikap atau keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri dalam menjalani suatu hal. Sikap ini menjadi salah satu nilai hidup yang harus dimiliki oleh setiap orang, sebab bisa menghilangkan rasa takut dan cemas, memaksimalkan potensi yang dimiliki, serta menumbuhkan optimisme.

Manfaat percaya diri bisa diperoleh jika dilakukan dengan kadar yang pas, tidak kurang ataupun lebih. Kurang percaya diri bisa membuat seseorang kehilangan banyak kesempatan yang dimiliki. Sementara, terlalu percaya diri (overconfidence) dapat merusak banyak aspek dalam kehidupan, termasuk karir.

Baca Juga: 24 Daftar HP Samsung Terbaru 2021 Murah Mulai 1 Jutaan, Cek Spesifikasi dan Harga!

dampak terlalu percaya diri
Ada banyak faktor yang bisa membuat seseorang bersikap overconfidence, mulai dari pola asuh, budaya, lingkungan sekitar, hingga trauma masa lalu. Di samping itu, percaya diri yang terlalu tinggi juga bisa menjadi gejala penyakit mental tertentu, seperti borderline personality disorder.

Sikap terlalu percaya diri tentu bukanlah hal yang baik untuk dipelihara. Dinukil Alodokter.com, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kamu tidak boleh menjadi orang yang terlalu percaya diri:

1. Melewatkan peluang
Tidak hanya karena kurang percaya diri, terlalu percaya diri juga bisa membuat seseorang melewatkan banyak peluang, lho. Pasalnya, orang yang terlalu percaya diri sering meremehkan atau menolak suatu hal karena menganggap terlalu mudah dan tidak sebanding dengan kemampuannya.

2. Menghambat pekerjaan
Karena saking percaya dirinya, orang yang overconfidence kerap kali mengambil banyak pekerjaan dalam satu waktu karena menganggap itu mudah dilakukan dan bisa selesai dalam waktu yang cepat.

Namun, kadang kala, keyakinan tersebut tidak disertai dengan kemampuan yang mumpuni. Akibatnya, pekerjaan tidak terlesaikan dengan baik dan tidak tepat waktu.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penyebab Serangan Jantung yang Sering Diabaikan

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:43 WIB

9 Jajanan Khas Bandung Kekinian, Wajib Coba!

Kamis, 20 Januari 2022 | 16:40 WIB

Portable Cooker Pertama Hadir di Indonesia

Kamis, 20 Januari 2022 | 15:50 WIB

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB
X