6 Manfaat Ikan bagi Kesehatan: Dapat Turunkan Risiko Depresi

- Senin, 25 Oktober 2021 | 12:58 WIB
[Ilustrasi hidangan ikan] Terdapat enam manfaat ikan bagi kesehatan tubuh. Keenam manfaat ini jarang disadari oleh banyak orang. (Pixabay)
[Ilustrasi hidangan ikan] Terdapat enam manfaat ikan bagi kesehatan tubuh. Keenam manfaat ini jarang disadari oleh banyak orang. (Pixabay)
 
 
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Terdapat enam manfaat ikan bagi kesehatan tubuh. Keenam manfaat ini jarang disadari oleh banyak orang.
 
Sebagai salah satu sumber nutrisi terbaik, puluhan jenis ikan dapat diolah dengan berbagai cara dan jenis olahan masing-masing.

Mengonsumsi ikan pun secara rutin dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mendukung kesehatan jantung hingga menurunkan gejala depresi hingga menjadi lebih baik.

Dirangkum dari laman WebMD, Senin, 25 Oktober 2021, ikan mengandung nutrisi yang bagus dalam menjaga kesehatan otot, organ, dan pembuluh darah.
 
Ikan kaya akan yodium. Yodium merupakan mineral penting untuk fungsi tiroid dalam mengontrol nafsu makan dan sistem kekebalan tubuh. Yodium sendiri tidak dapat diproduksi oleh tubuh secara mandiri.
 
Tak hanya itu, ikan juga merupakan sumber nutrisi terbaik seperti Vitamin D, Vitamin B12, Zat Besi, Fosfor, dan Niacin.

Vitamin B12 yang ada dalam ikan sangat penting untuk pertumbuhan sel-sel darah merah dan reproduksi DNA.
 

Berikut 6 Manfaat Ikan Bagi Kesehatan

1. Peningkatan Kesehatan Otak

Ikan kaya akan asam lemak omega-3. Lemak ini penting untuk menjaga kesehatan otak. Kadar asam lemak omega-3 dalam darah yang rendah dikaitkan dengan percepatan penuaan otak, termasuk gejala seperti kehilangan memori dan gangguan kognitif.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Bila dikonsumsi secara teratur, Asam lemak omega-3 pada ikan dapat membantu mencegah dan mengurangi penyakit jantung koroner. Selain itu asam lemak juga menurunkan kadar trigliserida, meningkatkan kolesterol baik, dan bahkan dapat membantu mengurangi tekanan darah.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Autoimun

Sejumlah penelitian mencoba menghubungkan asupan omega-3 atau minyak ikan dengan penurunan risiko diabetes tipe 1 atau autoimun pada usia anak, lalu bentuk diabetes autoimun pada orang dewasa hingga usia tua.

4. Mencegah Asma Pada Anak-anak

Studi menunjukkan, rutin mengkonsumsi ikan dikaitkan dengan risiko asma 24% lebih rendah pada anak-anak, tapi tidak ada efek signifikan yang ditemukan pada orang dewasa.

5. Melindungi Penglihatan Mata di Hari Tua

Studi lainnya menemukan, bahwa kandungan lemak ikan jika dikonsumsi sekali dalam seminggu dapat menurunkan risiko terkena AMD neovaskular sebanyak 53%.
 
Degenerasi makula terkait usia/ Age-related macular degeneration (AMD) adalah penyebab utama gangguan penglihatan dan kebutaan yang terkadang menyerang orang dewasa yang lebih tua.

6. Penurunan Risiko Depresi


Asam lemak omega-3 pada ikan juga dapat membantu pengurangan gejala depresi. Asam lemak omega juga telah dikaitkan dengan peningkatan efektivitas beberapa obat antidepresan.
 
Demikian informasi seputar enam manfaat ikan bagi kesehatan tubuh. Bila Anda sedang mengalami depresi mungkin bisa mengkonsumsi ikan lebih rutin sebagai cara meredakannya. [*]
 
 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Meniran Diklaim Bisa Jadi Obat Covid-19, Benarkah?

Selasa, 30 November 2021 | 14:31 WIB

BAB Setiap Hari Sehat? Ini Jawabannya

Selasa, 30 November 2021 | 12:15 WIB

Sakit Perut Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin, 29 November 2021 | 21:41 WIB

Waspadai 5 Efek Samping Setelah Sembuh Demam Berdarah

Senin, 29 November 2021 | 18:17 WIB

7 Ciri Berat Badan Mulai Turun dan Angka Idealnya

Senin, 29 November 2021 | 15:10 WIB
X