Penyebab Keluar Air Mata Ketika Bersin Terlalu Keras

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:12 WIB
[Ilustrasi] Bersin; Berikut penyebab keluar air mata saat bersin terlalu keras. Bagi sebagian orang, bersin terlalu keras kadang membuat air mata keluar. (Pixabay)
[Ilustrasi] Bersin; Berikut penyebab keluar air mata saat bersin terlalu keras. Bagi sebagian orang, bersin terlalu keras kadang membuat air mata keluar. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Berikut penyebab keluar air mata saat bersin terlalu keras. Bagi sebagian orang, bersin terlalu keras kadang bisa sampai membuat mereka mengeluarkan air mata. Mengapa itu bisa terjadi?

Dikutip dari Republika.co.id, air mata dibuat di kelenjar lakrimal dan keluar dari saluran sudut bagian dalam mata. Katup (seperti punctum bawah) mengeluarkan cairan dari mata.

Persoalannya, prosesnya bisa terbalik jika terlalu banyak tekanan, misalnya saat bersin. Meskipun membuat penasaran, aktivitas ini tidak disarankan untuk dicoba karena risiko infeksi.

Baca Juga: 23 Daftar HP Samsung Murah Terbaru dan Terbaik 2021

Untuk mempelajari bagaimana mata bisa menyemprotkan air saat bersin, ada penjelasan anatomi mata dan bagaimana air mata bekerja. Kelenjar lakrimal utama terletak di antara mata bagian dalam dan jembatan hidung di bawah kulit, sementara beberapa lainnya tersebar di sekitar mata.

Kelenjar menghasilkan cairan, lebih dikenal sebagai air mata yang keluar saat menangis. Air mata berfungsi untuk melindungi mata dari debu atau untuk menjaga mata tetap basah.

Cairan mengalir menuju saluran air mata (yang terlihat di sudut bagian dalam garis air) dan mengalir ke wajah. Tapi, air mata juga mengalir di bagian belakang hidung dan tenggorokan, itulah sebabnya kita menjadi terisak saat menangis.

Ada bukaan kecil yang disebut katup, yang mengalir di dalam tepi kelopak mata dekat hidung. Ini penyebab keluarnya air mata dari mata sehingga tidak meluap, mengalirkan tabung kecil di tulang wajah ke dalam kantung, dan menuju hidung.

Katup kadang-kadang bisa tersumbat, misalnya ketika ada infeksi, menyebabkan mata berair berlebihan.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB

Waktu Tidur Bayi, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB

5 Buah Enak yang Bantu Menguatkan Tulang

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:04 WIB

Roti Enak Ini Tingkatkan Risiko Kematian

Senin, 20 Juni 2022 | 13:56 WIB
X