Cara Membersihkan Karang Gigi Paling Mudah, Tak Perlu Sakit!

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:33 WIB
Ilustrasi -- cara membersihkan karang gigi tidaklah sulit. Bahkan ada bahan yang mudah ditemukan di rumah untuk alternatif cara membersihkan karang gigi dengan mudah. (Shutterstock)
Ilustrasi -- cara membersihkan karang gigi tidaklah sulit. Bahkan ada bahan yang mudah ditemukan di rumah untuk alternatif cara membersihkan karang gigi dengan mudah. (Shutterstock)

cara membersihkan karang gigi tidaklah sulit. Bahkan ada bahan yang mudah ditemukan di rumah untuk alternatif cara membersihkan karang gigi dengan mudah.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tak hanya bisa digunakan untuk memasak, baking soda juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan dan menjaga kesehatan gigi, termasuk untuk membersihkan plak dan karang gigi. Tertarik mencobanya?

Karang gigi atau tartar adalah kotoran yang umumnya mengeras dan mengerak pada bagian luar gigi, bahkan di dekat gusi. Munculnya karang gigi disebabkan oleh penumpukan plak akibat pertumbuhan bakteri di gigi dan mulut.

Karang gigi akan membuat gigi tampak kekuningan atau kehitaman. Tak hanya bisa mengganggu penampilan, karang gigi yang menumpuk dan tidak dibersihkan lama kelamaan bisa menyebabkan penyakit gusi, seperti radang gusi dan periodontitis.

Baca Juga: 3 Minuman Penurun Berat Badan, Bisa Dibuat di Rumah!

Oleh karena itu, untuk mencegah terbentuknya plak dan karang gigi, Anda perlu rutin menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan rajin sikat gigi dan menggunakan dental floss. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan karang gigi dengan memakai baking soda.

cara membersihkan karang gigi dengan baking soda
Beberapa studi menyatakan bahwa penggunaan baking soda sebagai campuran pasta gigi atau obat kumur terbukti efektif untuk mengurangi bakteri dan plak gigi, serta menyeimbangkan kembali kadar pH mulut. Inilah yang menjadi alasan mengapa baking soda bisa dimanfaatkan untuk membersihkan karang gigi.

cara membersihkan karang gigi dengan baking soda pun tidak sulit, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan, yaitu sikat gigi, baking soda, air, dan satu mangkok kosong. Berikut adalah cara membersihkan karang gigi dengan baking soda:

Baca Juga: 23 Daftar HP Samsung Murah Terbaru dan Terbaik 2021

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sakit Perut Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin, 29 November 2021 | 21:41 WIB

Waspadai 5 Efek Samping Setelah Sembuh Demam Berdarah

Senin, 29 November 2021 | 18:17 WIB

7 Ciri Berat Badan Mulai Turun dan Angka Idealnya

Senin, 29 November 2021 | 15:10 WIB

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB
X