5 Manfaat Cengkeh, Pengendali Gula Darah hingga Osteoporosis

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:05 WIB
manfaat cengkeh untuk kesehatan tak main-main. rempah serbaguna ini ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang banyak seperti pengendali gula darah hingga osteoporosis. (Shutterstock)
manfaat cengkeh untuk kesehatan tak main-main. rempah serbaguna ini ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang banyak seperti pengendali gula darah hingga osteoporosis. (Shutterstock)

manfaat cengkeh untuk kesehatan tak main-main. rempah serbaguna ini ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang banyak seperti pengendali gula darah hingga osteoporosis.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Cengkeh adalah rempah serbaguna dengan rasa manis dan aroma harum yang khas. Cengkeh biasanya digunakan sebagai bumbu rendaman untuk panggangan, menambah rasa pada minuman hangat, hingga untuk memperkuat aroma kue.

Namun ternyata, kandungan nutrisi dalam cengkeh juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat cengkeh yang bisa Anda dapatkan?

Kandungan nutrisi penting dalam cengkeh
Meski bertubuh kecil, jangan sepelekan kandungan nutrisi dalam cengkeh. Satu sendok teh cengkeh (2 gram) mengandung energi sebesar 21 kalori, 1 gram karbohidrat, dan 1 gram serat.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Normal Wanita dan Ciri Gula Darah Tinggi

Satu sendok teh cengkeh juga mampu memenuhi 30% kebutugan mangan, 4% vitamin K, dan 3% vitamin C dari kebutuhan harian tubuh. Cengkeh juga mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin E, meski jumlahnya sedikit.

Berbagai vitamin dan mineral penting inilah yang mendukung manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh Anda.

manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh
Dinukil Hellosehat.com, eberapa manfaat cengkeh yang dapat diperoleh untuk kesehatan, antara lain:

1. Melindungi dari kanker
Cengkeh diperkaya oleh antioksidan eugenol untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa memicu perkembangan kanker. Selain eugenol, cengkeh juga mengandung vitamin C sebagai antioksidan untuk membantu menetralisir radikal bebas. Kekuatan antioksidan dalam cengkeh bahkan dilaporkan lima kali lebih efektif daripada vitamin E dan jenis antioksidan lainnya.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB

Waktu Tidur Bayi, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB

5 Buah Enak yang Bantu Menguatkan Tulang

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:04 WIB

Roti Enak Ini Tingkatkan Risiko Kematian

Senin, 20 Juni 2022 | 13:56 WIB
X