Cara Mengetahui Telur Busuk, Jarang Disadari!

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:59 WIB
cara mengetahui telur busuk harus diketahui termasuk cara menyimpan telur yang benar. Sebab telur yang busuk bisa menjadi sumber beragam penyakit ringan hingga berat. (Pixabay/Peggychoucair )
cara mengetahui telur busuk harus diketahui termasuk cara menyimpan telur yang benar. Sebab telur yang busuk bisa menjadi sumber beragam penyakit ringan hingga berat. (Pixabay/Peggychoucair )

cara mengetahui telur busuk harus diketahui termasuk cara menyimpan telur yang benar. Sebab telur yang busuk bisa menjadi sumber beragam penyakit ringan hingga berat.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Telur bisa menjadi tambahan kaya protein untuk pola makan sehat. Kandungan telur cukup bergizi dan rasanya juga lezat.

Namun, para ahli mengingatkan beberapa telur bisa terkontaminasi bakteri berbahaya sehingga dapat menyebabkan seseorang sakit parah jika mengonsumsinya.

"Meskipun kebanyakan orang akan pulih dari penyakit bawaan makanan dalam waktu singkat, beberapa dapat mengembangkan masalah kesehatan kronis, parah, atau bahkan mengancam jiwa," jelas laporan keamanan telur yang diterbitkan oleh Food and Drug Administration (FDA) AS.

Baca Juga: 14 Daftar HP Layar Lebar Murah 1 Jutaan Terbaik 2021

Keselamatan orang sangat bergantung pada tindakan pencegahan keamanan sederhana. Periksa telur dan kenali tanda-tanda pembusukan, apakah telur masih layak dikonsumsi atau tidak.

Tanda pertama, coba libat warna dari putih telur. Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), penting untuk segera membuang telur jika putih telur tampak sudah berwarna "merah muda atau mutiara". Perubahan warna, kendati agak samar, dapat mengindikasikan pembusukan akibat bakteri Pseudomonas. Menurut para ahli, ini adalah jenis pembusukan yang paling sering terjadi pada telur dan mengkonsumsi telur yang tercemar bakteri tersebut dapat menyebabkan keracunan makanan.

Para ahli di Egg Safety Center mengatakan bakteri ini menghasilkan pigmen kehijauan, fluoresen, larut dalam air dalam putih telur. Pembusukan pseudomonas juga dapat menyebabkan perubahan nyata lainnya pada telur.

Selain mengawasi warna merah muda atau warna-warni, satu penelitian mengatakan ada tanda-tanda lain bahwa telur terkontaminasi bakteri Pseudomonas. Telur basi mengeluarkan bau tak sedap yang berbeda seperti asam, apek, atau seperti buah. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Poultry Science, perubahan warna putih telur terkadang juga tampak hijau, mencair, menjadi berserat atau lapisanmya berwarna keputihan dan kemudian kecoklatan.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sakit Perut Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin, 29 November 2021 | 21:41 WIB

Waspadai 5 Efek Samping Setelah Sembuh Demam Berdarah

Senin, 29 November 2021 | 18:17 WIB

7 Ciri Berat Badan Mulai Turun dan Angka Idealnya

Senin, 29 November 2021 | 15:10 WIB

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB
X