5 Penyebab Sperma Encer, Bagaimana Cara Mengatasinya?

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:08 WIB
ilustrasi -- penyebab sperma encer dan cair perlu diwaspadai lantaran bisa menunjukkan masalah kesehatan. Lantas normalkah sebenarnya kondisi ini? Simak penjelasan mengenai penyebab sperma encer atau air mani cair. (Shutterstock)
ilustrasi -- penyebab sperma encer dan cair perlu diwaspadai lantaran bisa menunjukkan masalah kesehatan. Lantas normalkah sebenarnya kondisi ini? Simak penjelasan mengenai penyebab sperma encer atau air mani cair. (Shutterstock)

penyebab sperma encer dan cair perlu diwaspadai lantaran bisa menunjukkan masalah kesehatan. Lantas normalkah sebenarnya kondisi ini? Simak penjelasan mengenai penyebab sperma encer atau air mani cair hingga cara mengatasi sperma encer.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- air mani adalah cairan yang dikeluarkan oleh penis di puncak rangsangan seksual. Cairan yang biasanya putih lengket ini menunjukkan adanya sperma dalam air mani. Namun, dalam beberapa kasus, ejakulasi dapat menghasilkan air mani yang encer, cair, dan jernih. 

penyebab sperma encer dan cair

Pada umumnya, sperma mempunyai konsistensi mirip gel dan lengket. Hal ini perlu diperhatikan bagi Anda dan pasangan. Apalagi, ketika Anda sedang merencanakan kehamilan.

Dikutip dari Centers for Disease Control & Prevention, perubahan atau masalah pada sperma bisa terjadi karena adanya masalah kesehatan atau gaya hidup yang tidak sesuai. Termasuk ketika sperma terlihat lebih encer, cair, atau berair dari biasanya.

Baca Juga: 15 Daftar HP Gaming Murah 1 Jutaan Terbaik dan Terbaru 2021

Perlu diketahui apabila air mani yang encer atau cair normal ditemukan pada remaja di masa puber atau belum matang secara seksual. Namun, hal ini juga bisa terjadi sesekali pada pria dewasa atau dengan kondisi tertentu. Dinukil Hellosehat.com, berikut beberapa penyebab sperma encer atau cair, seperti:

1. terlalu sering ejakulasi
Terlalu sering ejakulasi dalam satu kali aktivitas seksual adalah penyebab paling umum dari kondisi air mania tau sperma encer. Jika Anda aktif secara seksual atau sering masturbasi, frekuensi ejakulasi memengaruhi penampilan fisik air mani yang keluar.

Hal ini karena testis tidak dapat meregenerasi sperma dalam waktu yang singkat setelah ejakulasi pertama. Perlu diketahui bahwa sperma yang sehat membutuhkan waktu 2 hingga 3 bulan agar matang sempurna.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Beda Cacar Monyet dengan Cacar Air

Selasa, 24 Mei 2022 | 17:38 WIB

Ciri atau Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB
X