3 Risiko Olahraga Sebelum Tidur, Jarang Disadari!

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:45 WIB
ilustrasi olahraga; Berikut risiko olahraga sebelum tidur. Pada dasarnya, semua orang harus meluangkan waktu untuk olahraga, baik pagi hari maupun malam hari. (Pixabay)
ilustrasi olahraga; Berikut risiko olahraga sebelum tidur. Pada dasarnya, semua orang harus meluangkan waktu untuk olahraga, baik pagi hari maupun malam hari. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Berikut risiko olahraga sebelum tidur. Pada dasarnya, semua orang harus meluangkan waktu untuk olahraga, baik pagi hari maupun malam hari demi menjaga kehsehatan tubuh. Tapi, sebuah studi baru menyarankan Anda untuk berhenti olahraga di malam hari.

Karena, studi baru ini menemukan risiko olahraga sebelum tidur bisa mempengaruhi detak jantung dan siklus tidur Anda secara negatif. Jika Anda olahraga secara teratur tetapi melakukannya pada waktu yang salah, Anda tidak akan mendapatkan manfaat kesehatan apapun.

Olahraga larut malam bisa memberikan efek buruk pada kesehatan Anda. Sebelumnya, olahraga di malam hari disebut bisa melelahkan dan membantu tidur lebih nyenyak, tapi studi baru ini justru menemukan hal sebaliknya.

Baca Juga: 26 Daftar Harga HP Oppo Terbaru dan Terbaik Oktober 2021

Studi baru menemukan olahraga larut malam bisa meningkatkan detak jantung dan mengganggu tidur Anda. Umumnya, olahraga membuat Anda dehidrasi, melepaskan hormon stres dalam tubuh dan membuat Anda lebih waspada.

Karena, hormon stres menghentikan produksi melatonin, yang merupakan hormon tidur. Berikut ini dilansir dari Times of India, tiga penyebab Anda tidak boleh olahraga larut malam.

1. Tingkat kewaspadaan meningkat

Saat Anda berolahraga, kelenjar adrenal akan diaktifkan untuk menghasilkan adrenalin, yang dikenal sebagai epinefrin. Kelenjar adrenal ini bisa memicu jantung di gigi atas dan menyebabkan peningkatan detak jantung. Selain itu, kelenjar ini juga akan meningkatkan kadar oksigen dan aliran darah di otot yang bisa mengganggu tidur.

Baca Juga: 4 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Setelah Makan, Tak  Perlu Mahal!

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sakit Perut Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin, 29 November 2021 | 21:41 WIB

Waspadai 5 Efek Samping Setelah Sembuh Demam Berdarah

Senin, 29 November 2021 | 18:17 WIB

7 Ciri Berat Badan Mulai Turun dan Angka Idealnya

Senin, 29 November 2021 | 15:10 WIB

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB
X