Puasa Lebih Sehat Ketimbang Diet, Ilmuwan Buktikan Manfaatnya

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:50 WIB
[Ilustrasi berbuka puasa] Puasa ternyata dapat menawarkan manfaat kesehatan yang lebih baik ketimbang diet. Klaim terselu dilansir dalam sebuah artikel sciencealert. (Pixabay)
[Ilustrasi berbuka puasa] Puasa ternyata dapat menawarkan manfaat kesehatan yang lebih baik ketimbang diet. Klaim terselu dilansir dalam sebuah artikel sciencealert. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Puasa ternyata dapat menawarkan manfaat kesehatan yang lebih baik ketimbang diet.

Klaim tersebut dilansir dalam sebuah artikel di sciencealert, yang menyebut makan lebih jarang tetapi dalam porsi yang sama justru lebih meningkatkan kesehatan dan memperbesar peluang umur panjang.

Itu berarti, makan lebih jarang atau dalam metode yang sama dengan berpuasa, lebih disarankan daripada hanya makan lebih sedikit seperti dalam pola diet.

Para peneliti mendapatkan kesimpulan itu berdasarkan pengamatan terhadap tikus dengan pola diet berbeda.

Mereka menemukan tikus yang diberi makan lebih sedikit kalori dalam satu kali makan sehari, hidup lebih lama daripada tikus yang mengonsumsi jumlah kalori yang sama dan didistribusikan sepanjang hari.

Studi yang dipublikasikan di Nature Metabolism itu menunjukkan tikus yang makan hanya sekali sehari juga mengalami peningkatan metabolisme.

Manfaat Puasa Sebenarnya Bukan Rahasia Baru

Penulis studi, Dudley Lamming dari University of Wisconsin, mengatakan kepada AFP, para ilmuwan sebenarnya telah mengetahui sejak sekitar satu abad lalu bahwa membatasi kalori memperpanjang umur hewan pengerat.

Tetapi, penelitian sebelumnya pada tikus dalam soal pembatasan kalori tidak menetapkan pola puasa secara disengaja (dengan diberi makan hanya sekali sehari).

Jadi, untuk penelitian terbaru, tim ilmuwan Lamming memutuskan untuk mencari tahu apakah jarak waktu antara makan mungkin berperan (seperti metode puasa yang sering dilakukan manusia).

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Memperbesar Penis yang Ampuh, Dijamin Berhasil

Selasa, 7 Desember 2021 | 15:31 WIB
X