Gejala Diabetes hingga Ginjal Terdeteksi Lewat Bau Urine, Jangan Abaikan!

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 21:50 WIB
Ilustrasi -- gejala diabetes hingga penyakit ginjal dapat terdeteksi lewat bau urine. Pemeriksaan bau urine penting untuk memberikan informasi terkait bagaimana keadaan tubuh. (Shutterstock)
Ilustrasi -- gejala diabetes hingga penyakit ginjal dapat terdeteksi lewat bau urine. Pemeriksaan bau urine penting untuk memberikan informasi terkait bagaimana keadaan tubuh. (Shutterstock)

gejala diabetes hingga penyakit ginjal dapat terdeteksi lewat bau urine. Pemeriksaan bau urine penting untuk memberikan informasi terkait bagaimana keadaan tubuh.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- bau urine mampu menunjukkan apa yang sedang terjadi pada tubuh manusia. Ahli urologi, Petar Bajic, MD, menyampaikan urine, sebagian besar memiliki sedikit bau karena sekitar 95 persennya adalah air.

Sisanya adalah produk limbah atau kotoran dari kalsium, nitrogen, kalium, dan banyak lagi hasil saringan dari ginjal.

Jika seseorang mengalami dehidrasi, persentase air dalam urine turun dan kotoran yang disaring mengambil peran yang lebih menonjol. Ini menciptakan bau yang lebih kuat. Bukan hanya air minum, apa yang manusia makan juga dapat memengaruhi aroma keluaran kandung kemih.

Baca Juga: Bocoran Spesifikasi dan Harga Redmi Note 11 Pro 5G

Misalnya, asparagus terkenal karena memberikan bau urine belerang yang cukup menyengat. Sebab, faktanya, tubuh seseorang mengubah asam dalam asparagus menjadi senyawa yang mengandung belerang, yang menciptakan hasil yang menyengat.

Peminum kopi juga dapat mengenali aroma tertentu pada air seninya selama berada di kamar mandi. Selain itu, Kubis Brussel, bawang bombai dan bawang putih juga bisa menambah bau urine.

Berbagai obat dan suplemen dapat memberikan aroma tertentu pada air seni. "Jadi ini semua benar-benar normal. Ini mencerminkan kehidupan yang Anda jalani," tutur Bajic, dilansir di Cleveland Clinic, Kamis (14/10/2021).

Lalu apa arti dari bau urine itu? Tidak setiap bau urine yang unik dapat dijelaskan. Namun terkadang, Bajic menjelaskan, air seni yang berbau busuk itu menjadi tanda peringatan dari masalah kesehatan mendasar yang perlu mendapat perhatian.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sakit Perut Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin, 29 November 2021 | 21:41 WIB

Waspadai 5 Efek Samping Setelah Sembuh Demam Berdarah

Senin, 29 November 2021 | 18:17 WIB

7 Ciri Berat Badan Mulai Turun dan Angka Idealnya

Senin, 29 November 2021 | 15:10 WIB

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB
X