Bulu Kaki Rontok Waspada Gejala Kolesterol Tinggi, Segera Lakukan Ini!

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 21:04 WIB
Ilustrasi -- gejala kolesterol tinggi jarang menghasilkan tanda yang mencolok. Namun jangan salah, kondisi bulu kaki rontok dapat menunjukkan gejala kolesterol tinggi. (Shutterstock)
Ilustrasi -- gejala kolesterol tinggi jarang menghasilkan tanda yang mencolok. Namun jangan salah, kondisi bulu kaki rontok dapat menunjukkan gejala kolesterol tinggi. (Shutterstock)

gejala kolesterol tinggi jarang menghasilkan tanda yang mencolok. Namun jangan salah, kondisi bulu kaki rontok dapat menunjukkan gejala kolesterol tinggi

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- gejala kolesterol tinggi umumnya dikaitkan dengan diet lemak jenuh, yang ditandai dengan adanya timbunan lemak di arteri hingga berkontribusi pada pembentukan plak.

Karena itu, penting untuk waspada terhadap tanda-tanda atau gejala kolesterol tinggi yang tidak kentara. Munculnya bulu kaki mungkin mencerminkan tingginya kadar kolesterol dalam darah. Karena gejala kolesterol tinggi membuat individu rentan terhadap sejumlah kondisi yang mengancam jiwa, pengobatan yang cepat adalah yang paling penting.

Beberapa tanda dan gejala kolesterol tinggi pada penampilan rambut Anda, terutama bulu kaki yang tampak jarang, bisa menandakan tingkat kondisi yang sangat tinggi. Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit arteri perifer.

Baca Juga: Miris, Mayoritas Ibu Tak Tahu Sunat Perempuan Mematikan

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), menjelaskan, penyakit arteri perifer (PAD) adalah kondisi umum di mana penumpukan timbunan lemak di arteri membatasi suplai darah ke otot kaki. "Gejala PAD dapat mencakup kerontokan rambut di kaki dan kaki Anda, mati rasa atau kelemahan pada kaki, dan kuku yang tumbuh lambat," demikian penjelasan NHS, dilansir di laman Express, KAmis (14/10/2021).

Kondisi itu biasanya disebabkan oleh aterosklerosis, yang mengacu pada akumulasi plak berisi kolesterol di arteri dan berpotensi fatal. Saat timbunan lemak ini menumpuk di arteri, aliran darah ke bagian tubuh tertentu menjadi terbatas, menyebabkan komplikasi di kaki. Meski kondisi itu sendiri tidak dianggap mematikan, bisa jadi itu pertanda ada penyumbatan di tubuh yang bisa menyebabkan serangan mematikan.

Baca Juga: 15 Rekomendasi HP NFC Murah 2021 Terbaik Redmi hingga Samsung, Mulai 1 Jutaan!

"Pencegahan penting karena PAD dapat menyebabkan kerusakan yang meluas, membatasi aktivitas, dan terkadang menyebabkan kematian," kata mantan editor eksekutif di Harvard Health, Partick J Skerrett.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sakit Perut Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin, 29 November 2021 | 21:41 WIB

Waspadai 5 Efek Samping Setelah Sembuh Demam Berdarah

Senin, 29 November 2021 | 18:17 WIB

7 Ciri Berat Badan Mulai Turun dan Angka Idealnya

Senin, 29 November 2021 | 15:10 WIB

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB
X