Kanker Serius Bisa Terlihat dari Tahi Lalat dan Urine, Cek Segera!

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:47 WIB
ilustrasi tahi lalat -- mendeteksi kanker serius bisa terlihat dari tahi lalat dan urine. Mendeteksi penyakit dapat dilakukan sejak dini dan menjalani berbagai pengobatan.
ilustrasi tahi lalat -- mendeteksi kanker serius bisa terlihat dari tahi lalat dan urine. Mendeteksi penyakit dapat dilakukan sejak dini dan menjalani berbagai pengobatan.

mendeteksi kanker serius bisa terlihat dari tahi lalat dan urine. Mendeteksi penyakit dapat dilakukan sejak dini dan menjalani berbagai pengobatan.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Melanoma (kanker paling umum kelima di Inggris) adalah salah satu bentuk penyakit yang tumbuh paling cepat. Ada sekitar 16.200 kasus baru setiap tahun, di mana 2.300 di antaranya mengakibatkan kematian.

Mendeteksi penyakit dapat dilakukan sejak dini dan menjalani berbagai pengobatan. Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, pasien kanker mungkin memiliki garis-garis warna dalam urine mereka. Dalam kasus yang jarang, (melanoma) dapat menempatkan melanin, pigmen yang menggelapkan kulit, dalam sirkulasi, dan beberapa dari pigmen itu mungkin berakhir di urine.

Baca Juga: 15 HP NFC Termurah 2021, Ada Redmi hingga Samsung!

Ketika urine berubah menjadi benar-benar cokelat, ini mungkin disebabkan oleh produk pemecahan hemoglobin (bilirubin). Bilirubin menumpuk di dalam darah karena kondisi hati, seperti hepatitis dan sirosis, atau saluran empedu yang tersumbat oleh batu empedu, tumor, atau hambatan lainnya.

“Jika sebagian dari kelebihan bilirubin itu masuk ke dalam urine, maka bisa berubah warna menjadi kecokelatan. Anemia hemolitik, ketika terlalu banyak sel darah merah dipecah pada saat yang sama, juga menghasilkan kelebihan bilirubin yang dapat mencemari urin," ditulis dalam situs web Harvard Health.

Meskipun pigmen kulit terkadang bocor ke aliran darah, hal itu tetap jarang terjadi. Tanda-tanda umum yang bisa diantisipasi dari penyakit ini termasuk perubahan pada tahi lalat. “Tanda paling umum dari melanoma adalah munculnya tahi lalat baru atau perubahan pada tahi lalat yang sudah ada,” ujar NHS seperti dilansir di laman Express.co.uk, Kamis (14/10/2021).

Baca Juga: 21 Rekomendasi HP NFC Murah RAM Besar Terbaik 2021

Ini bisa terjadi di mana saja di area tubuh, tetapi area yang paling sering terkena adalah punggung pada pria dan kaki pada wanita. NHS merekomendasikan untuk menemui dokter terhadap kelainan apapun, yang tumbuh atau berubah dengan cepat dan tidak hilang.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sakit Perut Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin, 29 November 2021 | 21:41 WIB

Waspadai 5 Efek Samping Setelah Sembuh Demam Berdarah

Senin, 29 November 2021 | 18:17 WIB

7 Ciri Berat Badan Mulai Turun dan Angka Idealnya

Senin, 29 November 2021 | 15:10 WIB

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB
X