Air Tebu untuk Diabetes, Apa Efeknya untuk Gula Darah?

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 15:46 WIB
air tebu; air tebu untuk diabetes banyak yang meyakini memiliki banyak manfaat. Lantas, bagaimana efek minum air tebu bagi para orang dengan diabetes? (Shutterstock)
air tebu; air tebu untuk diabetes banyak yang meyakini memiliki banyak manfaat. Lantas, bagaimana efek minum air tebu bagi para orang dengan diabetes? (Shutterstock)

air tebu untuk diabetes banyak yang meyakini memiliki banyak manfaat. Lantas, bagaimana efek minum air tebu bagi para orang dengan diabetes?

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- air tebu adalah minuman tradisional yang berasal dari perasan tebu kupas. Minuman ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit kronis seperti jantung, ginjal, dan hati. Banyak juga yang meyakini air tebu bermanfaat untuk penderita diabetes.

Penting untuk diketahui, sekalipun termasuk minuman alami, air tebu mengandung gula sehingga sembarangan mengonsumsinya juga bisa menaikkan kadar gula darah. Lantas, bagaimana efek minum air tebu bagi para orang dengan diabetes?

Kandungan gula pada air tebu

Air tebu memang berasal dari tanaman tebu penghasil gula. Namun, air tebu tidak sepenuhnya mengandung gula murni.

Baca Juga: 10 HP Oppo Murah RAM Besar Memori Internal 128 GB 1 Jutaan Terbaik 2021

Sebagian besar komposisi air tebu terdiri dari 70-75% air dan 10-15% serat, sedangkan sekitar 13-15% berisi kandungan gula alami.

Jika air tebu diolah secara tradisional tanpa melalui pemrosesan kimia, minuman ini mengandung antioksidan yang tinggi seperti fenolik dan flavonoid.

Kandungan antioksidan inilah yang membuat air tebu memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk berkhasiat untuk penderita diabetes.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sakit Perut Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin, 29 November 2021 | 21:41 WIB

Waspadai 5 Efek Samping Setelah Sembuh Demam Berdarah

Senin, 29 November 2021 | 18:17 WIB

7 Ciri Berat Badan Mulai Turun dan Angka Idealnya

Senin, 29 November 2021 | 15:10 WIB

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB
X