Waspada Makan Sayuran Ini Bisa Bikin Keracunan, Jangan Salah Konsumsi!

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 14:35 WIB
Ilustrasi sayuran; Sayuran termasuk makanan yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Tapi, beberapa sayuran bisa menyebabkan keracunan. (Jerzy Górecki dari Pixabay.)
Ilustrasi sayuran; Sayuran termasuk makanan yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Tapi, beberapa sayuran bisa menyebabkan keracunan. (Jerzy Górecki dari Pixabay.)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- sayuran termasuk makanan yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Tapi, beberapa sayuran bisa menyebabkan keracunan bila Anda salah mengonsumsinya.

Salah satunya, rhubarb yang merupakan sayuran dengan banyak manfaat kesehatan, terutama bila Anda mengonsumsi batangnya. Sedangkan, daun tanaman ini justru mengandung bahan kimia asam oksalat yang beracun.

Menurut laporan Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, keracunan daun rhubarb terjadi ketika seseorang mengonsumsi potongan daun dari tanaman rhubarb.

Baca Juga: 4 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Setelah Makan, Tak  Perlu Mahal!

Selain mengandung asam oksalat, daun rhubarb juga mengandung glikosida antrakuinon, yang diduga beracun dan membahakan kesehatan tubuh.

Asam oksalat juga bisa ditemukan pada bayam, kubis brussel, kembang kol dan brokoli tetapi dalam konsentrasi yang lebih rendah. Menurut Ohio State University, asam oksalat dalam daun rhubarb sendiri cukup tinggi kadarnya, yakni sekitar 0,5 gram per 100 gram daun rhubarb.

Meskipun, dosis mematikan asam oksalat yang disarankan sekitar 15-30 gram. Artinya, Anda harus makan beberapa kilogram daun rhubarb untuk mencapai dosis tersebut.

Tapi, dosis asam oksalat yang lebih rendah masih bisa menyebabkan mual dan muntah. Adapun gejala keracunan asam oksalat, antara lain:

Baca Juga: 26 Daftar Harga HP Oppo Terbaru 2021

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Memperbesar Penis yang Ampuh, Dijamin Berhasil

Selasa, 7 Desember 2021 | 15:31 WIB
X