5 Gejala Gula Darah Tinggi, Sering Lapar hingga Mulut Kering

- Senin, 11 Oktober 2021 | 14:34 WIB
ilustrasi sering lapar; gejala gula darah tinggi patut diwaspadai. Pasalnya orang yang tampak fit dan bugar juga mungkin saja memiliki gejala gula darah tinggi. (Shutterstock)
ilustrasi sering lapar; gejala gula darah tinggi patut diwaspadai. Pasalnya orang yang tampak fit dan bugar juga mungkin saja memiliki gejala gula darah tinggi. (Shutterstock)

gejala gula darah tinggi patut diwaspadai. Pasalnya orang yang tampak fit dan bugar juga mungkin saja memiliki gejala gula darah tinggi, termasuk Anda.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kadar gula darah tinggi (hiperglikemia) adalah kondisi yang umum terjadi pada penderita diabetes melitus.

Namun, orang yang tampak fit dan bugar juga mungkin saja memilikinya, termasuk Anda. Terlebih lagi, tidak semua orang yang ternyata memiliki gula darah tinggi menunjukkan tanda dan gejala yang jelas.

Oleh karena itu, hendaknya setiap orang, baik Anda yang memiliki diabetes, prediabetes, atau yang masih merasa sehat sekalipun, mengenali dengan baik seperti apa ciri-ciri gula darah tinggi.

Baca Juga: 4 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Setelah Makan, Tak  Perlu Mahal!

Berbagai tanda dan gejala gula darah tinggi
darah Anda tidak hanya mengandung oksigen, tapi juga glukosa. Glukosa adalah gula sederhana yang terbentuk dari pemecahan karbohidrat dalam makanan. Glukosa akan dialirkan dalam darah menuju setiap sel dan jaringan untuk dipecah menjadi energi agar tubuh bisa beraktivitas.

Batasan kadar gula yang normal dalam darah adalah kurang dari 100 mg/dL sebelum makan dan kurang dari 140 mg/dl dalam 2 jam setelah makan.

Kadar gula darah bisa saja naik dan turun tergantung waktu, perubahan kondisi tubuh, maupun pemicu lainnya. Pada umumnya, fluktuasi kadar gula darah masih termasuk wajar jika angkanya tidak berubah sangat drastis.

Angka kadar gula darah sudah melonjak tinggi lebih dari batas wajar dapat menandakan kondisi hiperglikemia. Kondisi ini juga bisa digolongkan sebagai prediabetes, atau memasuki diabetes tahap awal.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Catat, Ini 7 Makanan Pantangan Ibu Hamil Muda

Jumat, 28 Januari 2022 | 16:49 WIB

Air Kencing Berbuih, Apakah Tanda Penyakit Serius?

Jumat, 28 Januari 2022 | 13:56 WIB

5 Penyebab Osteoporosis di Usia Muda, Apa Saja?

Rabu, 26 Januari 2022 | 16:08 WIB

Gejala Omicron Paling Buruk, Kenali 10 Daftarnya

Rabu, 26 Januari 2022 | 15:43 WIB

Penyebab Serangan Jantung yang Sering Diabaikan

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:43 WIB

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB
X