Cepat Lapar Gejala Diabetes, Kontrol Kebiasaan Ini Sekarang!

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 14:00 WIB
[Ilustrasi] cepat lapar gejala diabetes menjadi tanda penyakit kronis ini. Salah satu gejala diabetes yang kerap tidak disadari adalah rasa lapar yang terus menerus. (iStock)
[Ilustrasi] cepat lapar gejala diabetes menjadi tanda penyakit kronis ini. Salah satu gejala diabetes yang kerap tidak disadari adalah rasa lapar yang terus menerus. (iStock)

cepat lapar bisa jadi gejala diabetes. Salah satu gejala diabetes yang kerap tidak disadari adalah rasa lapar yang terus menerus.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang harus diwaspadai gejala. Salah satu gejala yang kerap tidak disadari adalah rasa lapar yang terus menerus.

Hal ini dibenarkan Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Endokrin, Metabolik, & Diabetes, Dr. dr. Wismandari, Sp.PD-KEMD yang mengatakan sakit diabetes menimbulkan rasa cepat lapar karena gula darah yang tidak mampu diserap tubuh.

Padahal gula adalah salah satu sumber energi yang harus selalu tersedia.

Baca Juga: Rekomendasi 14 HP 5G Termurah 2021, dari Xiaomi hingga Samsung!

Seperti diketahui, diabetes adalah kondisi melonjaknya gula dalam darah atau glukosa yang tidak bisa diserap tubuh akibat insulin yang tidak bekerja dan menimbulkan berbagai gangguan pada tubuh.

"Bagaimana menjadi tenaga, gula itu harus masuk ke dalam sel, kalau masuk ke dalam sel baru kita bertenaga," ujar Dr. Wismandari dalam acara diskusi RSPI Group beberapa waktu lalu.

Sehingga meskipun sudah mengonsumsi karbohidrat yang menghasilkan gula atau glukosa dalam jumlah banyak untuk sumber tubuh, tapi mudah lapar karena glukosa itu tidak bisa digunakan.

"Pada waktu diabetes, gula itu tidak masuk ke dalam sel, jadi karena selnya nggak ada yang kasih makan, jadi otaknya tersinyal lapar terus," tutur dokter yang berpraktik di RSPI Pondok Indah ini.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB
X