7 Tips Mencuci Baju di Rumah, Bisa Lebih Hemat!

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 11:00 WIB
ilustrasi -- mencuci baju; tips mencuci baju di rumah sangat sederhana untuk hemat pengeluaran. Apa saja tips pekerjaan rumah yang tidak bisa dihindari ini? (Freepik/Ekaterina Pereslavtseva)
ilustrasi -- mencuci baju; tips mencuci baju di rumah sangat sederhana untuk hemat pengeluaran. Apa saja tips pekerjaan rumah yang tidak bisa dihindari ini? (Freepik/Ekaterina Pereslavtseva)

tips mencuci baju di rumah sangat sederhana untuk hemat pengeluaran. Apa saja tips pekerjaan rumah yang tidak bisa dihindari ini?

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- mencuci pakaian adalah salah satu pekerjaan rumah yang tidak bisa dihindari. Tetapi ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membuat prosesnya lebih mudah.

Di samping itu, ada tips yang sangat sederhana untuk menghemat pengeluaran. Dinukil Republika.co.id, berikut adalah tujuh hal utama yang bisa dipraktikkan sebagai tips mencuci baju di rumah agar hemat pengeluaran:

1. mencuci pakaian yang banyak
Mencuci pakaian kotor saat jumlahnya masih sedikit sama saja dengan membuang air, deterjen, dan listrik dua kali lipat. Jadi simpan dulu dan cuci sekaligus banyak.

Baca Juga: Rekomendasi 39 HP Realme Terbaru 2021 dan Harganya, dari Termurah hingga Termahal!

Bagi kebanyakan orang, ini berarti mencuci dilakukan setiap dua hingga tiga hari. Sekeranjang cucian penuh hanya berisi sekitar 3,5 kilogram cucian.

"Mesin cuci bisa menampung lebih banyak lagi," kata ahli penatu, Ashley Iredale.

2. mencuci dengan air dingin
Dalam hal mencuci, kita akan mendapatkan hasil yang hampir sama saat mencuci dengan air hangat atau air dingin. Tetapi kita akan menggunakan listrik yang jauh lebih sedikit jika mencuci dengan air dingin.

3. pemilihan deterjen
Ada banyak pengujian pada deterjen berperforma terbaik selama bertahun-tahun. Jadi memilih deterjen berkinerja terbaik akan membuat lebih hemat, terutama yang harganya terjangkau.

4. gunakan sedikit deterjen saja
Ternyata, menggunakan terlalu banyak deterjen adalah hal yang buruk untuk dilakukan. Baju bisa lebih awet dengan menggunakan deterjen lebih sedikit. Menggunakan deterjen sepertiga dari takaran yang disarankan tetap memberikan hasil yang baik.

Baca Juga: Gejala Kolesterol Tinggi Bisa Terasa di Kaki, Cek Segera!

"Kami menemukan bahwa kita bisa mendapatkan hasil cucian yang tetap bagus meski hanya mengurangi deterjen dari takaran yang disarankan," kata Ashley.

5. jangan gunakan pelembut pakaian
Pelembut pakaian akan mengurangi daya serap air pada cucian. Pelembut juga merupakan kabar buruk bagi handuk karena bisa membuatnya kasar seiring waktu."Pelembut pakaian juga mengurangi ketahanan api pada pakaian yang berarti kita sama sekali tidak boleh menggunakannya pada pakaian tidur anak-anak," kata Ashley.

6. minimalisir penggunaan mesin pengering
Jika ada lahan untuk menjemur baju, baiknya jemur saja baju yang telah dicuci. Tetapi jika memang terpaksa harus menggunakan mesin pengering, pastikan untuk menggunakannya dengan kecepatan tinggi, sehingga pakaian tidak perlu lama berada di mesin pengering.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X