Gejala Kolesterol Tinggi Bisa Terasa di Kaki, Cek Segera!

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 08:39 WIB
ilustrasi kaki; gejala kolesterol tinggi bisa dirasakan di bagian kaki. Apakah tanda kolesterol tinggi di kaki ini menjadi gejala serius? (Pixabay)
ilustrasi kaki; gejala kolesterol tinggi bisa dirasakan di bagian kaki. Apakah tanda kolesterol tinggi di kaki ini menjadi gejala serius? (Pixabay)

gejala kolesterol tinggi bisa dirasakan di bagian kaki. Apakah tanda kolesterol tinggi di kaki ini menjadi gejala serius?

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- kolesterol adalah zat lemak yang diproduksi oleh hati yang membawa banyak manfaat kesehatan penting, seperti membuat hormon dan membangun membran sel. Kolesterol tinggi berarti Anda memiliki terlalu banyak kolesterol jahat (LDL).

kolesterol jahat menempel di bagian dalam arteri sehingga meningkatkan risiko penyumbatan yang dapat menyebabkan serangan jantung. Ketika penyumbatan ini terjadi di arteri di luar jantung, itu disebut penyakit arteri perifer (PAD).

Menurut Cardiovascular Institute of the South (CIS), ini paling sering terjadi di kaki. "Meskipun mungkin tidak ada tanda-tanda fisik sama sekali, ada beberapa gejala yang dicatat terjadi pada PAD," jelas CIS seperti dilansir di laman Express, Kamis (6/10/2021).

Baca Juga: 20 Daftar Drama Korea Terbaru Paling Lengkap Oktober 2021

Sementara pasien dengan kolesterol tinggi harus waspada dalam perawatan arteri mereka setiap saat, tanda-tanda khusus harus ditangani sedini mungkin. Tanda-tanda yang dimaksud termasuk kram yang menyakitkan di kaki, mati rasa atau kelemahan pada kaki, pertumbuhan rambut lambat di kaki, rasa dingin di kaki bagian bawah atau kaki di satu sisi, dan denyut nadi lemah di kaki.

Penting untuk dicatat bahwa kebanyakan orang tidak akan mengalami gejala kolesterol tinggi, terutama di awal. Anda hanya dapat mengetahui apakah Anda memilikinya dari tes darah.

"Dokter Anda mungkin menyarankan untuk melakukan tes jika menurut mereka kadar kolesterol Anda tinggi," jelas NHS.

Menurut kesehatan tubuh, ini mungkin karena usia Anda, berat badan, atau kondisi lain yang Anda miliki (seperti tekanan darah tinggi atau diabetes). Ada dua cara untuk melakukan tes kolesterol yaitu mengambil darah dari lengan dan tes tusuk jari.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB

Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Bumi kata BNPB

Jumat, 14 Januari 2022 | 17:05 WIB

4 Dampak Buruk Akibat Nonton Film Porno

Jumat, 14 Januari 2022 | 12:14 WIB
X