7 Penyakit Sering Muncul Saat Musim Hujan 

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 16:18 WIB
[Ilustrasi banjir saat musim hujan] Memasuki musim hujan, masyarakat harus mewaspadai dengan berbagai potensi ancaman penyakit. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
[Ilustrasi banjir saat musim hujan] Memasuki musim hujan, masyarakat harus mewaspadai dengan berbagai potensi ancaman penyakit. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

Ada tujuh penyakit yang sering muncul saat musim hujan, terutama saat terjadi banjir.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Memasuki musim hujan, masyarakat harus mewaspadai dengan berbagai potensi ancaman penyakit.

Hujan dengan intensitas tinggi, selain berpotensi menyebabkan banjir, juga berpotensi menyebabkan berbagai macam penyakit seperti diare, demam berdarah, penyakit kulit, dan jenis penyakit lainnya.

Pada saat terjadi banjir, ketersediaan dan kualitas air bersih tentunya akan berkurang. Kondisi lingkungan yang kotor dapat memicu munculnya penyakit yang mengancam kesehatan.

Seperti dikutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, berikut ini penyakit-penyakit yang sering terjadi pada saat musim penghujan atau banjir:

  1. Diare

Penyakit Diare sangat erat kaitannya dengan kebersihan individu (personal hygiene). Saat banjir, sumber-sumber air minum masyarakat, khususnya sumber air minum dari sumur dangkal akan tercemar.

Di samping itu pada saat banjir biasanya akan terjadi pengungsian di mana fasilitas dan sarana serba terbatas termasuk ketersediaan air bersih. Itu semua menjadi potensial menimbulkan penyakit diare disertai penularan yang cepat.

  1. Demam berdarah (DBD)

Peningkatan tempat perindukan nyamuk Aedes aegypti yaitu nyamuk penular penyakit demam berdarah terjadi saat musim hujan. Hal ini dikarenakan pada saat musim hujan banyak sampah seperti kaleng bekas, ban bekas, dan tempat-tempat tertentu terisi air sehingga terjadi genangan untuk beberapa waktu.

Genangan air tersebut menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Dengan meningkatnya populasi nyamuk sebagai penular penyakit, maka risiko terjadinya penularan juga semakin meningkat.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X