Rekomendasi Sarapan Enak di Bandung, Legendaris Sampai Kekinian

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 12:19 WIB
Kupat Tahu Gempol, tempat sarapan legendaris di Bandung. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Kupat Tahu Gempol, tempat sarapan legendaris di Bandung. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
 
Rekomendasi kuliner Bandung yang cocok untuk sarapan. Kuliner Bandung ini ada yang legendaris dan kekinian.
 
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kota Bandung memang terkenal dengan kuliner yang enak dan melimpah. Di berbagai sudut kota bisa kita jumpai berbagai macam kuliner yang siap menggoyang lidah. 
 
Selain itu, sarapan menjadi hal pertama sebelum memulai hari maka bagi para pecinta kuliner bisa mencoba rekomendasi sarapan yang kami rangkum untuk awali hari di Kota Bandung
 
1. Kupat Tahu Gempol
 
Siapa yang tak kenal Kupat Tahu Gempol? Berdiri sejak 1965, Kuliner yang satu ini identik dengan sarapan pagi yang siap memanjakan lidah para konsumennya. 
 
Hal yang membuat Kupat Tahu Gempol terkenal adalah kupatnya yang padat namun empuk di mulut. Ditambah dengan tahu goreng yang lembut, kerupuk merah muda yang renyah serta guyuran saus kacang dan kecap yang gurih dan manisnya yang pas, membuat cita rasa kupat tahu Gempol nikmat dan legendaris.
 
 
Kupat Tahu Gempol, salah satu rekomendasi sarapan di Bandung. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
 
Selain menu kupat tahu, di kedai ini juga tersedia menu lontong kari yang tak kalah enaknya dengan kuah rasa rempah yang menggugah selera. Namun jika kamu hendak mampir ke kedai kupat tahu Gempol pastikan untuk tidak datang terlalu siang, bisa jadi kehabisan oleh pelanggan yang lain.
 
Lokasi: Jl. Gempol Kulon No. 53 Citarum, Bandung
Jam operasional: 06.00-12.00 WIB
Harga: Rp18.000
 
 
Roti Gempol merupakan salah satu kedai roti legendaris di Bandung yang sudah eksis sejak tahun 1958. Rasa roti gempol sangat khas karena merupakan roti hasil produksi sendiri.
 
Di Roti Gempol ada dua pilihan roti, yaitu roti putih dan roti gandum. Sedangkan untuk isian rotinya kamu bisa memilih isian manis atau asin. Untuk isian manis ada beragam selai mulai dari coklat, susu, kacang, srikaya, nanas, dan stroberi.
 
 
Roti Gempol rasa cokelat.  (Ayobandung.com/Cicin Yulianti/Magang)
 
Sedangkan untuk isian asin terdiri dari telur, keju dan daging. Roti isian manis atau asin, sama-sama cocok untuk sarapan apalagi ditemani segelas kopi. 
 
Lokasi: Jalan Gempol Wetan, No 14, Citarum, Bandung
Jam operasional: 07.00-21.00 WIB
Harga: Rp10.000 hingga Rp65.000
 
 
Jika anda ingin menikmati sarapan khas dari Bandung, anda bisa mencoba Surabi yang tersebar di berbagai titik. 
 
Salah satu pioner surabi di Bandung adalah Surabi Cihapit, yang berdiri sejak 1991. Menu yang paling terkenal adalah surabi oncom, namun varian lain juga layak untuk dicoba. Anda bisa datang ke Jalan Cihapit untuk mencicipi langsung nikmatnya sajian tradisional ini. 
 
 
Surabi Cihapit (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)
 
Lokasi: Jalan Cihapit, Bandung Wetan, Bandung
Jam operasional: 05.00-11.00 WIB
Harga: Rp2.000-Rp6.000
 
 
Di Bandung, salah satu kedai nasi kuning yang sudah tersohor kelezatannya adalah nasi kuning Sumur Bandung. Kedai nasi kuning yang sudah eksis sejak tahun 1996 ini menawarkan kombinasi yang pas untuk sarapan pagi, yang enak, mengenyangkan, dan juga murah. Maka tak heran kalau setiap pagi kedai nasi kuning Sumur Bandung selalu disesaki pelanggan.
 
 
Satu porsi nasi kuning di sini disajikan dengan bihun, telur dadar, bawang goreng, acar, sambal, dan kerupuk dengan topping telur daging cincang bumbu rendang. Selain itu, juga ada lauk lainnya yang bisa kamu tambahkan seperti ayam balado, ayam goreng, perkedel, ati ampela, dan tempe.
 
Lokasi: Jl. Sumur Bandung (Sebrang Tune Hotel), Dago Bawah, Bandung
Jam opersional: 05.00-10.00 WIB
Harga: Rp10.000
 
5. Bubur Ayam Mang H. Oyo
 
Buat kamu yang terbiasa sarapan bubur, di Bandung juga banyak terdapat kedai bubur yang enak, salah satunya Bubur Ayam Mang H. Oyo. Di Bubur Ayam Mang H. Oyo, kamu akan menemukan bubur ayam lezat dengan tekstur yang kental. Saking kentalnya bubur tidak akan tumpah jika mangkuknya dibalik.
 
Satu porsi bubur di kedai ini disajikan dengan isian suwiran daging ayam, cakwe, kacang goreng, bawang goreng, dan irisan daun seledri serta tak lupa ada kerupuk yang memberikan sentuhan renyah. Selain itu, ada juga topping tambahan yang bisa kamu pesan seperti telur rebus dan ati ampela.
 
 
Kelezatan semangkuk bubur hangat Mang H. Oyo memang pas untuk memulai harimu di Kota Kembang.
 
Lokasi: Jl. Sulanjana No.30, Tamansari, Kota Bandung
Jam operasional: 06.00-14.00 WIB
Harga: Rp15.000
 
Demikian rekomendasi kuliner Bandung yang cocok untuk sarapan. Kuliner Bandung ini ada yang legendaris dan kekinian. Tertarik mencoba?

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Makanan Khas Bandung yang Cocok Disantap Saat Hujan

Kamis, 11 November 2021 | 11:50 WIB

10 Rekomendasi Kuliner Malam Bandung, Dijamin Enak!

Minggu, 7 November 2021 | 07:00 WIB

Mille Crepe, Dessert Khas Jepang yang Menggoda Selera

Sabtu, 6 November 2021 | 14:31 WIB

Jangan Simpan Bawang di Kulkas, Ini Alasannya!

Senin, 1 November 2021 | 22:46 WIB

Yuk ke Trouit, Kafe ala Pantai di Sudut Kota Bandung

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 08:00 WIB

3 Resep Kreasi Tahu Susu Lembang, Mudah dan Nikmat

Selasa, 12 Oktober 2021 | 13:41 WIB
X