Kenali Ciri-ciri dan Cara Mencegah Jantung Lemah, Termasuk Kurangi Garam!

- Rabu, 29 September 2021 | 19:39 WIB
Ilustrasi -- ciri-ciri dan cara mencegah jantung lemah wajib diketahui masyarakat saat ini. Pasalnya, gaya hidup dan pola makan yang buruk kerap jadi penyebab utamanya. (Pixabay)
Ilustrasi -- ciri-ciri dan cara mencegah jantung lemah wajib diketahui masyarakat saat ini. Pasalnya, gaya hidup dan pola makan yang buruk kerap jadi penyebab utamanya. (Pixabay)

ciri-ciri dan cara mencegah jantung lemah wajib diketahui masyarakat saat ini. Pasalnya, gaya hidup dan pola makan yang buruk kerap jadi penyebab utamanya.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- jantung lemah atau payah jantung dapat dikatakan sebagai gagal jantung. Banyak orang mengira gagal jantung atau jantung lemah adalah kondisi ketika jantung sudah tidak bekerja sama sekali, namun definisi yang benar adalah otot jantung melemah dan tidak dapat memompa darah dengan efektif ke seluruh tubuh. Kondisi ini bisa dinamakan juga dengan gagal jantung kongestif.

Dinukil Alodokter.com, kondisi gagal jantung tidak selalu dapat pulih seperti semula, terlebih jika sudah memasuki tahap yang lanjut. Pada tahap awal, gejala dan dampak dari perlemahan jantung ini masih belum dirasakan atau masih terbilang minimal.

Namun jika tidak diobati, penyakit ini akan berkembang hingga tahap yang lebih berat di mana penderitanya dapat menjadi kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Meskipun demikian, kondisi ini dapat dikendalikan dan dicegah sehingga pasien masih dapat meningkatkan kualitas hidup dan hidup lebih lama.

Baca Juga: Terpakai Penanganan Covid-19, Banyak Bangunan Sekolah Rusak

tindakan pencegahan gagal jantung
gagal jantung atau jantung lemah dapat dicegah dengan berbagai cara di bawah ini:

Gagal jantung kongestif atau jantung lemah dapat dicegah dengan mengontrol kondisi penyebab atau faktor risikonya. Kondisi-kondisi yang meliputinya antara lain:
- Penyakit jantung koroner, yaitu arteri menyempit karena penumpukan lemak di dalam pembuluh darah jantung.

- Tekanan darah tinggi. Jika tekanan darah Anda tinggi maka kerja jantung dalam mengedarkan darah ke seluruh tubuh pun semakin berat. Dampaknyna lama kelamaan akan membuat jantung lemah.

- Aritmia adalah kondisi di mana irama detak jantung terganggu karena adanya masalah pada aktivitas listrik jantung.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ciri atau Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB
X