Benarkah Kulit Durian Bisa Jadi Krim Obat Jerawat?

- Rabu, 29 September 2021 | 16:43 WIB
Ilustrasi Buah Durian; kulit durian bisa jadi krim obat jerawat, benarkah? Ide untuk menciptakan sebuah inovasi bisa hadir dari aspek manapun di alam sekitar. (Freepik)
Ilustrasi Buah Durian; kulit durian bisa jadi krim obat jerawat, benarkah? Ide untuk menciptakan sebuah inovasi bisa hadir dari aspek manapun di alam sekitar. (Freepik)

kulit durian bisa jadi krim obat jerawat, benarkah?

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ide untuk menciptakan sebuah inovasi bisa hadir dari aspek manapun di alam sekitar. Tak terkecuali dari kulit durian yang selalu menjadi limbah di masyarakat.

Lima mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Brawijaya (UB) Putri Ayu M, Nur Khasanah, Annindea Erza N, Dzurrotin Qurrota A, dan Dita Rahmaningtyas di bawah bimbingan dosen Zubaidah Ningsih membuat krim antijerawat. Krim ini dikombinasikan dengan bahan dasar limbah kulit buah durian.

Perwakilan kelompok, Nur Khasanah menilai, krim berbahan dasar limbah kulit buah durian lebih efektif mengobati jerawat. Daya hambatnya 18,1 milimeter (mm) sedangkan produk di pasaran yang mengandung tree tea oil sekitar 15,8 mm.

Baca Juga: Demi Selamatkan Cucu, Nenek 60 Tahun Tewas Tersambar Kereta

Selain didukung dengan kemampuan daya hambat yang tinggi, kulit buah durian memiliki senyawa antibakteri seperti flavonoid, saponin, tannin, terpenoid, dan alkaloid. Menurut Nur, pengobatan jerawat yang umum dijumpai biasanya dengan cara mengoleskan krim pada kulit (pengobatan topikal).

"Ada juga pengobatan yang diberikan dengan cara dikonsumsi seperti obat (pengobatan sistemik)," ucap Nur dinukil dari Republika.co.id, Rabu (29/9/2021).

Pengobatan yang diberikan secara oles pada kulit memiliki efektifitas lebih tinggi dibandingkan pengobatan yang diberikan secara oral. Hal ini karena cara tersebut dapat menimbulkan resistensi antibiotik di dalam tubuh. Sebab itu, untuk mendukung pengobatan secara oles, dia dan tim membuat krim antijerawat melalui sebuah teknologi bernama nanoemulsi.

Baca Juga: 15 Rekomendasi HP NFC Murah 2021 Terbaik Redmi hingga Samsung, Mulai 1 Jutaan!

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Penyebab Osteoporosis di Usia Muda, Apa Saja?

Rabu, 26 Januari 2022 | 16:08 WIB

Gejala Omicron Paling Buruk, Kenali 10 Daftarnya

Rabu, 26 Januari 2022 | 15:43 WIB

Penyebab Serangan Jantung yang Sering Diabaikan

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:43 WIB

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB
X