5 Penyebab Vagina Gatal, Awas Kanker! Kenali Cirinya

- Rabu, 29 September 2021 | 12:17 WIB
ilustrasi 5 penyebab vagina gatal, awas kanker! kenali cirinya (Shutterstock)
ilustrasi 5 penyebab vagina gatal, awas kanker! kenali cirinya (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ada sejumlah penyebab vagina gatal, salah satunya kanker.

Selain sulit untuk menggaruk, vagina gatal juga dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi perempuan yang mengalaminya. Vagina gatal adalah kondisi yang umum terjadi. 

Namun, jika vagina gatal semakin sering terjadi dan bertambah parah apalagi disertai dengan gejala lain, maka sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter atas keluhan tersebut. Kabar buruknya, hal itu dapat menandakan adanya suatu penyakit.

Baca Juga: 5 Cara Merapatkan Vagina yang Ampuh Dijamin Berhasil

Berikut beberapa penyebab vagina gatal dan penyakit yang mengintainya

1. Vaginosis bakterial

Vaginosis bakteri (BV) adalah kondisi yang cukup umum terjadi. Penyebabnya karena adanya pertumbuhan bakteri yang berlebihan dan ketidakseimbangan pH di vagina.

Meskipun penyebab ini bisa terjadi pada semua perempuan, Carroll Medeiros, MD, seorang ob-gyn di Pulau Rhode mengungkapkan, tingkat BV yang tinggi sangat umum terjadi pada kalangan perempuan berkulit hitam. 

Menurut satu studi tahun 2016 di American Journal of Reproductive Immunology, hal tersebut bisa jadi karena pengaruh genetik.

Mary Jane Minkin, MD, profesor klinis kebidanan, ginekologi, dan ginekologi di Universitas Yale mengatakan, sebenarnya rasa gatal pada vagina bukanlah gejala utama. Namun, lanjut Minkin, tandanya biasanya berupa keputihan yang encer, bau yang menyengat, dan iritasi umum (walaupun itu pasti bisa membuat Anda juga gatal).

Baca Juga: Cara Merapatkan Vagina di Rumah, Apakah Bisa dengan Cuka Apel?

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB
X