Manfaat Sukun, Daun Jadi Teh Obat Herbal dan Buah Dibikin Keripik Lezat nan Sehat

- Senin, 27 September 2021 | 13:36 WIB
Ilustrasi daun dan buah pada pohon sukun. Obat herbal berupa teh dari daun sukun diklaim mampu membantu menyembuhkan sakit ginjal dan jantung. Pun buahnya lezat jadi keripik sehat. (Pixabay/PublicDomainPictures )
Ilustrasi daun dan buah pada pohon sukun. Obat herbal berupa teh dari daun sukun diklaim mampu membantu menyembuhkan sakit ginjal dan jantung. Pun buahnya lezat jadi keripik sehat. (Pixabay/PublicDomainPictures )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Obat herbal berupa teh dari daun sukun diklaim mampu membantu menyembuhkan sakit ginjal dan jantung.

Bahkan bukan daunnya saja, buah sukun pun terbukti punya banyak manfaat sehat. Selain rasanya juga lezat dijadikan keripik.

Khasiat teh daun sukun ini terungkap beberapa tahun lalu. Ketika dua mahasiswa UGM Yogyakarta, Suhartono dan Retno Wulandari, mengembangkan obat herbal berupa teh dari daun sukun

"Dalam uji laboratorium dan penelitian, daun sukun mengandung berbagai unsur kimia alami yang dibutuhkan tubuh manusia, salah satunya kandungan Flavonoid dan Sitosterol yang bermanfaat untuk menjaga jantung dari kerusakan sistem kardiovaskuler serta bermanfaat bagi penyembuhan penyakit ginjal," kata Suhartono, di Sleman, pada 2017.

Suhartono dan Retno mengembangkan dan memproduksi teh herbal daun sukun ini di rumahnya di Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan saat ini telah mampu menembus pasar luar daerah.

"Umumnya bagi sebagian besar orang, daun sukun ini memang tidak memiliki nilai dan manfaat, namun kami mengembangkannya dan membuatnya sebagai minuman herbal teh celup yang memiliki banyak khasiat. Daun sukun kering lebih mudah didistribusikan kepada konsumen, sehingga dapat dikonsmsi oleh semua elemen masyarakat, tua muda dan anak-anak, untuk memperoleh khasiatnya," katanya.

Suhartono mengatakan, cara pengolahan teh daun sukun ini cukup sederhana. Daun-daun yang sudah setengah tua dipetik langsung dari pohon dan kemudian dicuci hingga bersih.

"Setelah itu daun sukun dipotong kecil-kecil, dan selanjutnya dijemur hingga mengering agar mudah dihaluskan. Setelah itu dikemas dalam bentuk teh celup," katanya.

Resep Keripik Sukun Renyah dan Gurih

 Keripik sukun merupakan makanan yang terbuat dari buah sukun yang sudah matang. Hampir setiap orang tahu dengan keripik sukun ini.

Camilan yang murah meriah ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Sehingga tak heran jika keripik sukun ini banyak diminati mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Keripik sukun biasanya diproduksi secara rumahan. Salah satu kudapan khas Tasikmalaya ini bisa dijumpai di pasar-pasar tradisinal dengan harga yang terjangkau.

Bagi Anda yang kebetulan memiliki pohon sukun dan ingin mencoba membuat keripik sukun, berikut ini resep yang bisa dipraktikan di rumah, seperti dilaporkan Ayotasik.com.

Bahan-bahan
1. Buah sukun yang sudah matang dan masih keras
2. Bawang Putih
3. Garam
4. Air Kapur Sirih
5. Ketumbar
6. Air bersih
7. Minyak goreng

Cara membuat

  1. Kupas buah sukun yang sudah matang hingga bersih, kemudian iris tipis buah sukun sesuai dengan ukuran untuk keripik.
  2. Setelah itu rendam irisan buah sukun di air yang telah disiapkan dan telah dicampur dengan kapur sirih selama lebih kurang 5 jam.
  3. Tiriskan irisan buah sukun kemudian cuci dengan air bersih dan taburi bumbu campuran ketumbar, bawang putih, kunyit, dan garam.
  4. Kemudian rendam kembali irisan yang telah diberi bumbu tersebut dengan air bersih. Bicarakan beberapa saat agar bumbunya meresap ke irisan sukun.
  5. Langkah terakhir, siapkan minyak goreng dan irisan sukun digoreng hingga kering dan warnanya berubah kecoklatan. Angkat dari penggorengan dan dinginkan. Keripik sukun pun siap untuk dihidangkan.

Selain lezat, buah sukun juga memberikan dampak bagus untuk tubuh manusia. Buah yang mengenyangkan ini dapat membantu tubuh melawan radikal bebas.

Selain itu, kandungan buah sukun juga menurunkan kolesterol dan tekanan darah; membantu memelihara kesehatan sistem peredaran darah; dan melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Baca Juga: Resep Keripik Sukun Renyah dan Gurih

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Manfaat Daun Jelatang, Obat Eksim hingga Rematik

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:51 WIB

3 Minuman Penurun Berat Badan, Bisa Dibuat di Rumah!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:07 WIB

Cara Jaga Kesehatan Otak dengan 6 Kebiasaan Mudah Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:11 WIB

Cara Mengetahui Telur Busuk, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:59 WIB

Tanda Gejala Gagal Jantung, Waspadai Jenis Batuk Ini!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:02 WIB

3 Risiko Olahraga Sebelum Tidur, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:45 WIB

Cara Hilangkan Lemak Perut, 5 Tips Ini Dijamin Ampuh

Kamis, 21 Oktober 2021 | 09:26 WIB
X