Bolehkah Orang Alergi Obat Disuntik Vaksin Covid-19?

- Minggu, 26 September 2021 | 15:59 WIB
Vaksinasi Covid-19; Meski bisa menimbulkan efek samping, vaksin Covid-19 tidak selalu berbahaya bagi seseorang yang memiliki alergi obat. (Biro Adpim Jabar/Rizal FS)
Vaksinasi Covid-19; Meski bisa menimbulkan efek samping, vaksin Covid-19 tidak selalu berbahaya bagi seseorang yang memiliki alergi obat. (Biro Adpim Jabar/Rizal FS)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Meski bisa menimbulkan efek samping, vaksin Covid-19 tidak selalu berbahaya bagi seseorang yang memiliki alergi obat.

Dokter spesialis penyakit dalam Konsultan alergi imunologi prof. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI menjelaskan bagaimana vaksin tidak memiliki kandungan obat sehingga orang yang alergi obat, aman untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

"Alergi obat boleh saja divaksinasi karena obat itu tidak ada di dalam vaksin. Kalau ada salah satu obat itu ada di dalam vaksin pasti tidak boleh. Banyak juga orang yang alergi obat sekarang sudah di vaksinasi, tidak apa-apa," kata dokter Iris dalam siaran ulang webinar TanyaIDI dinukil Suara.com, Minggu (26/9/2021).

Menurutnya, tidak berarti orang yang alergi obat akan menjadi alergi vaksin, begitu pula sebaliknya.

Baca Juga: 7 HP Oppo NFC Terbaik Oktober 2021, Harga Terjangkau!

"Ada orang yang tidak alergi obat tapi ternyata dia alergi vaksin pertama, jadi vaksin kedua tidak boleh diberikan. Semua harus kita lihat satu per satu kasus," imbuhnya.

Meski demikian, jika seseorang memiliki riwayat alergi, disarankan lakukan vaksinasi Covid-19 di fasilitas layanan kesehatan daripada di tempat umum.

Tujuannya, kata dokter Iris, agar jika terjadi efek samping yang terlalu berat bisa segera mendapatkan penanganan.

"Karena kita tidak tahu alergi atau enggak. Karena alergi itu unpredictable, tidak bisa diduga. Jadi orang yang alergi obat, belum tentu untuk alergi vaksin. Banyak juga orang yang memiliki alergi obat tapi tidak apa-apa ketika disuntik vaksin. Itu yang juga saya temukan di pasien Saya," tuturnya.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sesak Napas Setelah Sembuh Covid-19, Apa Penyebabnya?

Kamis, 14 Oktober 2021 | 21:30 WIB

Waspada, Pilek Menahun Bisa Jadi Tanda 3 Penyakit Ini

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:31 WIB
X