Keren! Green Product UMKM Jabar Tembus Promosi hingga Sydney

- Kamis, 23 September 2021 | 17:40 WIB
Berbeda dengan sebelumnya, showcasing KKI Jawa Barat kali ini mengusung tema “Green Growth Economy; Lestari ALamku, Lestari Bisnisku”.
Berbeda dengan sebelumnya, showcasing KKI Jawa Barat kali ini mengusung tema “Green Growth Economy; Lestari ALamku, Lestari Bisnisku”.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Bank Indonesia Jawa Barat kembali bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat, OJK dan BMPD Jawa Barat menyelenggarakan showcasing UMKM terpilih.

Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, showcasing KKI Jawa Barat kali ini mengusung tema “Green Growth Economy; Lestari ALamku, Lestari Bisnisku”.

Showcasing menampilkan produk UMKM mitra BI Jawa Barat yang telah menerapkan konsep green economy dalam pengembangan produknya. Salah satu yang ditampilkan adalah 4 wirausaha unggulan BI Jawa Barat (WUBI) di produk fashion yang berkolaborasi dalam sebuah brand belabel “SAGARAYASA”.

Baca Juga: 19 Daftar HP Samsung RAM Besar Baterai Jumbo 1 Jutaan Terbaik 2021

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jabar, Herawanto mengatakan, ke-4 wirausaha muda ini merupakan 4 dari 24 WUBI tahun 2021 yang telah menjadi mitra BI Jawa Barat dan disiapkan menjadi New UMKM sebagai kekuatan ekonomi nasional yang bercirikan pemanfaatan digital secara end-to-end dan berorientasi ekspor.

Herawanto mengatakan, konsep green economy yang diusung SAGARAYASA dilakukan mulai dari pemilihan bahan baku benang dan kain yang bersumber dari limbah yang diolah lebih lanjut dan pewarnaan yang menggunakan bahan-bahan alam.

"Dalam mewujudkan karyanya, SAGARAYASA memberdayakan tenaga kerja, khususnya wanita (ibu-ibu) yang berada di lingkungan sekitar. Hal ini sebagai wujud upaya memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar," ungkap Herawanto, di acara Karya Kreatif Indonesia 2021 yang digelar Bank Indonesia Jabar di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Kamis (23/9/2021).

Herawanto menyampaikan, berbagai prestasi menggembirakan telah berhasil diraih SAGARAYASA, antara lain berhasil mengikuti Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) showcase di Sydney, Australia.

Herawanto mengungkapkan, di KKI semua pihak bersinergi mendukung UMKM yang berkualitas dengan menggunakan teknologi dan produknya bisa diekspor. "Jabar ini kan gudangnya kreativitas inovasi. Ini yang harus didorong agar UMKM naik kelas untuk ekspor," katanya.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gabus, dari Rawa Jadi Ikan Hias Jutaan Rupiah

Selasa, 21 September 2021 | 16:34 WIB

FESTRA 2021: Menjaga Kebudayaan Indonesia

Selasa, 7 September 2021 | 10:24 WIB

Inovasi Baru, Budi Daya Stroberi di Peti Kemas

Kamis, 5 Agustus 2021 | 17:55 WIB
X