Cara Memilih Skincare menurut Pakar, Jangan Lupakan 7 Tips dari Dokter

- Jumat, 24 September 2021 | 22:49 WIB
Ilustrasi seorang wanita menggunakan skincare. Memilih skincare bukan hal sulit, tetapi juga sebenarnya tidak mudah. Jika salah memilih, dan tak tahu caranya, bisa berbahaya untuk kulit. (Pixabay/Engin Akyurt )
Ilustrasi seorang wanita menggunakan skincare. Memilih skincare bukan hal sulit, tetapi juga sebenarnya tidak mudah. Jika salah memilih, dan tak tahu caranya, bisa berbahaya untuk kulit. (Pixabay/Engin Akyurt )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Memilih skincare bukan hal sulit, tetapi juga sebenarnya tidak mudah. Jika salah memilih, dan tak tahu caranya, bisa berbahaya untuk kulit.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) dr. Medhi Denisa Alinda, Sp.KK berpendapat, pemilihan produk kecantikan atau skincare yang tepat harus dibarengi cara pengaplikasian yang benar.

Dengan demikian, kata dia, penggunaan skincare akan mendapatkan hasil optimal.

“Dalam penggunaan skincare, pasien diharapkan melakukan perawatan sesuai anjuran dokter, sehingga akan lebih cepat untuk mencapai hasil yang diinginkan,” kata Medhi, dilansir republika.co.id.

Medhi mengingatkan, pilihan skincare harus disesuaikan dengan jenis kulit. Medhi menjelaskan, ada lima jenis kulit yang umum ditemui. Yakni, kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi, dan kulit sensitif. 

Karena itu, kata dia, periksakan dahulu kondisi kulit kepada dokter, sebelum memilih jenis skincare agar tidak salah dalam menentukan jenis kulit. "Tanpa mengetahui tipe kulit, maka akan sulit untuk menentukan skincare yang tepat. Jangan termakan dengan iklan yang mengatakan produk tersebut cocok untuk semua kulit,” ujarnya.

Selain itu, kata Medhi, sebelum memilih jenis skincare, harus dipastikan terlebih dahulu produk tersebut terdaftar di BPOM. Hal itu dilakukan agar dapat menghindari hal yang tidak diinginkan. 

“Banyak produk yang memalsukan izin BPOM. Jadi agar valid, Anda bisa langsung cek di website resmi BPOM,” kata dia.

Medhi juga mengingatkan untuk lebih teliti dalam melihat komposisi produk skincare. Setiap produk skincare memiliki komposisi yang berbeda-beda.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Langkah Cerdas Mencegah Diabetes pada Milenial

Jumat, 30 September 2022 | 15:29 WIB

7 Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Jarang Disadari

Selasa, 6 September 2022 | 16:13 WIB
X