Naskah Sunda Beberkan Manfaat Rempah, dari Penyedap Rasa sampai Obat Mujarab

- Jumat, 24 September 2021 | 17:35 WIB
[Ilustrasi rempah] Menurut Naskah Sunda, rempah punya banyak manfaat, mulai dari penyedap rasa sampai jadi obat mujarab. (Pixabay/Matej Madar)
[Ilustrasi rempah] Menurut Naskah Sunda, rempah punya banyak manfaat, mulai dari penyedap rasa sampai jadi obat mujarab. (Pixabay/Matej Madar)

Menurut Naskah Sunda, rempah punya banyak manfaat, mulai dari penyedap rasa sampai jadi obat mujarab.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Jika berbicara mengenai rempah, selain berfungsi sebagai penguat cita rasa hidangan, rempah-rempah Indonesia juga terkenal dengan khasiatnya sebagai bahan medis.

Manfaat tersebut sudah dirasakan sejak abad Ke-15. Keberagaman rempah yang begitu banyak, ada kalanya kita tidak hafal semua rempah yang tumbuh subur di Indonesia.

Ketua Manassa Pusat Munawar Holil menuturkan, bahwa sejak zaman dahulu masyarakat Indonesia sudah menggunakan rempah sebagai obat tradisional.

Hal ini dibuktikan dengan adanya 1 naskah Sunda kuno yang fokus membahas tentang rempah yang berfungsi sebagai obat tradisional.

Naskah yang berjudul Ngaran Ubar-ubaran Urang Gunung berasal dari Cianjur ini menggunakan Aksara Pegon dalam penulisannya.

Naskah berukuran 21cmx33cm ini membahas tentang jenis penyakit, tanaman yang berkhasiat untuk obat dan cara pengobatannya.

"Obat-obatan tradisional jaman dahulu itu sebagian besar adalah rempah-rempah yang digunakan bumbu masak, seperti dalam naskah yang saya paparkan. Jadi rempah-rempah yang biasa kita gunakan sehari-hari sebetulnya memiliki manfaat lain sebagai obat. Juga rempah obat ini mudah didapatkan," Ujar Holil pada Kamis, 23 September 2021.

Selanjutnya, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Unpad, Elis Suryani Nani Sumarlina menambahkan, rempah dan obat obatan tradisional yang terungkap dalam naskah Sunda, baik naskah beraksara dan berbahasa Sunda Kuno, aksara Pegon, Cacarakan, maupun Latin, memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat.

Khususnya di masa pandemi Covid-19, dalam upaya pencegahan dan meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan dan daya tahan tubuh terhadap berbagai virus, bakteri, dan kuman, serta mampu menanggulangi penyakit 'penyerta' bagi penderita Covid-19.
 
Setidaknya ada 36 jenis tanaman obat yang bisa dikonsumsi sesuai penyakit yang diderita. Meski begitu, pemanfaatan obat tradisional bukan tanpa resiko jika dikonsumsi sembarangan.
 
"Setiap jenis tanaman obat, sejatinya diteliti terlebih dahulu oleh ahlinya, ditentukan dosis, pemakaian dan cara pengolahannya dengan tepat, serta disosialisasikan kepada masyarakat, oleh pihak-pihak terkait, termasuk museum, perpustakaan, dan kearsipan yang ada di Jawa Barat," ujar Elis.
 
 
Sementara menurut Dosen Fakultas Ilmu Budaya Rahmat Sopian, naskah koleksi Museum Sri Baduga diperkirakan merupakan bagian dari sebuah naskah utuh dari naskah obat-obatan sejenis Paririmbon (Primbon).
 
Serta naskah obat-obatan koleksi Museum Sri Baduga terbagi menjadi tujuh bagian dan dua bagian di antaranya mengandung informasi mengenai rempah. Rempah-rempah pada naskah tersebut digunakan sebagai bahan untuk obat.
 
"Rempah-rempah yang terdapat pada naskah Obat-Obatan koleksi Museum Sri Baduga terdiri dari berbagai jenis daun, kulit batang, rumput, rimpang, umbi, buah, dan biji. Berdasarkan data rempah-rempahan yang ada pada naskah obat-obatan koleksi Museum Sri Baduga, diketahui telah ada hubungan (langsung atau tidak langsung) antara Jawa Barat (Pulau Jawa) dengan wilayah Papua dan Maluku," ujar Rahmat. [*]
 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada! Telapak Kaki Dingin Tanda Kolesterol Tinggi

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:26 WIB

5 Efek Buruk Posisi Tidur Miring Kanan dan Tengkurap

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:56 WIB

5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bikin Awet Muda!

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:22 WIB

6 Manfaat Daun Jelatang, Obat Eksim hingga Rematik

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:51 WIB

3 Minuman Penurun Berat Badan, Bisa Dibuat di Rumah!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:07 WIB

Cara Jaga Kesehatan Otak dengan 6 Kebiasaan Mudah Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:11 WIB

Cara Mengetahui Telur Busuk, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:59 WIB
X