Mengantuk Setelah Makan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya menurut Dokter Zaidul Akbar

- Jumat, 24 September 2021 | 17:13 WIB
[Ilustrasi mengantuk setelah makan] Setelah makan terkadang timbul rasa ngantuk. Hal ini hampir terjadi pada setiap orang. Pernahkah penasaran terhadap kondisi itu? (Pixabay)
[Ilustrasi mengantuk setelah makan] Setelah makan terkadang timbul rasa ngantuk. Hal ini hampir terjadi pada setiap orang. Pernahkah penasaran terhadap kondisi itu? (Pixabay)
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Setelah makan terkadang timbul rasa ngantuk. Hal ini hampir terjadi pada setiap orang. Pernahkah penasaran terhadap mengapa rasa kantuk itu bisa muncul?
 
Mengantuk setelah makan, menurut Dokter Zaidul Akbar, dikarenakan makanan yang dimakan tidak bisa diolah oleh tubuh sehingga tubuh merasa tidak bertenaga.
 
Berdasarkan prinsip makan, dr. Zaidul mengatakan seharusnya tubuh makin segar dan bertenaga setelah makan bukan malah merasa mengantuk.
 
Jadi, sudah seharusnya memeriksa kembali apa yang dimakan, yang membuat tubuh kesulitan mencerna.
 
"Berarti besar kemungkinan yang dimakan tidak bisa diolah atau dicerna. Sehingga  tubuh minta istirahat," ujarnya mengutip kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, pada Jumat, 24 September 2021.
 
Ia meminta masyarakat mencermati bagaimana reaksi tubuh ketika sehabis mengonsumsi satu porsi nasi padang dengan rujak yang kaya dengan buah.
 
"Karena rujak masih punya enzim, vitamin, mineral dan segala macam. Sedangkan nasi padang itu kaya dengan rasa," tuturnya. Simak video lengkap di sini.
 
Meski begitu, dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip) itu tidak melarang untuk mengkonsumsi makanan sejenis nasi padang, tapi ia mengingatkan agar jadi manusia bertanggung jawab yakni cepat kembali mengubahnya menjadi energi.
 
"Silahkan makan, tapi tanggung jawab dibakar olahraga, aktivitas fisik dan bergerak," pungkasnya.
 
Pernyataan dokter pencetus konsep jurus sehat rasulullah (JSR) itu senada dengan hasil penelitian The Ohio State University pada 2020.
 
Disebutkan jika mengonsumsi makanan tinggi lemak bisa menurunkan kinerja otak, salah satunya kemampuan untuk fokus dan menyebabkan kantuk.
 
Mengutip laman Science Daily, penelitian dilakukan dengan membandingkan 51 perempuan yang dites konsentrasi setelah mereka mengkonsumsi makanan tinggi lemak jenuh.
 
Dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi makanan yang terbuat dari minyak bunga matahari, yang mengandung lemak tidak jenuh.
 
Dalam tes 51 perempuan ini kinerjanya lebih buruk usai mengkonsumsi makanan tinggi lemak jenuh, dibanding mereka yang mengonsumsi lemak sehat.
 
Ini menandakan adanya hubungan antara makanan berlemak dan otak.
 
"Karena kedua makanan itu berlemak tinggi dan berisiko bermasalah, efek kognitif makanan berlemak tinggi jenuh itu lebih besar jika dibandingkan dengan makanan rendah lemak," ujar peneliti utama Annelise Madison, Mahasiswa Psikologi Klinis The Ohio State University.
 
Para perempuan dalam penelitian ini mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dalam bentuk telur, biskuit, sosis ayam, saus yang mengandung 60 gram lemak.
 
 
Juga makanan berjumlah 930 kalori yang dirancang meniru isi berbagai makanan cepat saji seperti burger, hingga kentang McDonald's.
 
Setelahnya mereka mengikuti tes konsentrasi selama 10 menit, melakukan aktivitas berbasis komputer.
 
Kegiatan ini berlangsung satu hingga empat minggu. Selanjutnya kegiatan diulangi dan mengganti makanan yang berlawanan mengandung lemak tidak jenuh. [*]
 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada! Telapak Kaki Dingin Tanda Kolesterol Tinggi

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:26 WIB

5 Efek Buruk Posisi Tidur Miring Kanan dan Tengkurap

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:56 WIB

5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bikin Awet Muda!

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:22 WIB

6 Manfaat Daun Jelatang, Obat Eksim hingga Rematik

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:51 WIB

3 Minuman Penurun Berat Badan, Bisa Dibuat di Rumah!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:07 WIB

Cara Jaga Kesehatan Otak dengan 6 Kebiasaan Mudah Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:11 WIB

Cara Mengetahui Telur Busuk, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:59 WIB
X