Dr. Zaidul Akbar Ungkap Cara Sederhana Manajemen Stres ala Rasulullah, Dimulai dari Doa

- Jumat, 24 September 2021 | 14:08 WIB
dr. Zaidul Akbar (YouTube/dr. Zaidul Akbar Official)
dr. Zaidul Akbar (YouTube/dr. Zaidul Akbar Official)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Dr. Zaidul Akbar membeberkan cara sederhana dalam mengatasi stres. Stres pernah dialami oleh setiap orang dan datang karena tekanan, baik berasal dari tuntutan pekerjaan maupun karena hubungan pribadi.

Cara yang dimaksud, kata dr. Zaidul Akbar, bisa dengan mengikuti anjuran yang diajarkan oleh Nabi Muhammad ﷺ yakni dimulai dengan berlatih manajemen stres.

Cara ini bisa dipraktekkan dengan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa yakni melalui berdoa yang bersungguh-sungguh dan dengan mengambil wudhu secara khusyuk.

Baca Juga: Dr. Zaidul Akbar: Lansia Berhenti Konsumsi Makanan Berlemak Demi Kurangi Asam Urat

"Kalau sedih Nabi memberikan pedoman kepada kita dengan doa. Kalau lagi marah bisa dengan cara duduk, berbaring dan mengambil wudhu, lalu menjalankan sholat sunanh 2 rakaat," terangnya dalam kanal Youtube dr. Zaidul Akbar, dikutip pada Jumat, 24 September 2021.

Namun, jika stres ini dialami secara rutin atau sehari-hari, maka ia menyarankan untuk mengatasinya dengan konsep distraksi atau kegiatan yang dapat mengalihkan stres tersebut.

Konsep ini, kata dr. Zaidul Akbar, bisa dilakukan seperti yang dilakukan oleh para orang tua kepada anaknya yang sedang sedih, marah, atau menangis.

Ketika anak menangis, orang tua biasanya memberikan hal-hal yang disukai oleh anak, seperti membelikan mainan, memberi es krim, jalan-jalan ke tempat permainan anak. Hal ini bertujuan untuk mengalihkan perhatian emosi yang dialami oleh anak tersebut.

Pencetus metode Jurus Sehat Rasulullah (JSR) ini juga menyarankan hal serupa kepada orang dewasa. Jadi, bila stres muncul secara rutin, maka bisa menerapkan konsep distraksi dengan mengalihkan perhatian stres yang dialami kepada hal yang disukai atau disenangi.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada! Telapak Kaki Dingin Tanda Kolesterol Tinggi

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:26 WIB

5 Efek Buruk Posisi Tidur Miring Kanan dan Tengkurap

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:56 WIB

5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bikin Awet Muda!

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:22 WIB

6 Manfaat Daun Jelatang, Obat Eksim hingga Rematik

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:51 WIB

3 Minuman Penurun Berat Badan, Bisa Dibuat di Rumah!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:07 WIB

Cara Jaga Kesehatan Otak dengan 6 Kebiasaan Mudah Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:11 WIB

Cara Mengetahui Telur Busuk, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:59 WIB
X