7 Penyebab Mulut Terasa Pahit, Jarang Disadari!

- Jumat, 24 September 2021 | 11:06 WIB
ilustrasi -- Pernahkah Anda merasakan mulut terasa pahit, padahal tidak sedang sakit? Yuk, ketahui berbagai kondisi  penyebab mulut terasa pahit. (Shutterstock)
ilustrasi -- Pernahkah Anda merasakan mulut terasa pahit, padahal tidak sedang sakit? Yuk, ketahui berbagai kondisi penyebab mulut terasa pahit. (Shutterstock)

Pernahkah Anda merasakan mulut terasa pahit, padahal tidak sedang sakit? Yuk, ketahui berbagai kondisi  penyebab mulut terasa pahit.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- lidah dan bagian mulut lainnya dilengkapi dengan reseptor yang dapat mengenali rasa manis, asin, asam, atau pahit. Pernahkah Anda merasakan mulut terasa pahit, padahal tidak sedang sakit? Saat mengalaminya, mungkin Anda akan kesulitan makan dan sedikit merasa khawatir. Yuk, ketahui berbagai kondisi yang bisa jadi penyebab mulut terasa pahit berikut ini.

Kenapa mulut Anda bisa terasa pahit?
Beberapa orang memang ada yang memiliki sensitivitas terhadap rasa pahit yang lebih besar daripada orang lain. Penyebab mulut terasa pahit ini bisa terjadi akibat orang tersebut lebih sensitif terhadap senyawa pahit yang bernama phenylthiocarbamide atau PTC.

Secara umum, istilah medis untuk gangguan mulut yang menyebabkan perubahan persepsi rasa disebut dysgeusia. Dikutip dari European Association of Oral Medicine, dysgeusia adalah sensasi rasa pada mulut yang tidak enak dan berubah yang bisa terjadi baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Baca Juga: Cara Daftar Vaksin Kota Bandung Update Terbaru September 2021, Catat Lokasi dan Link Pendaftarannya!

Seseorang yang mengalami dysgeusia bisa mendapati mulut terasa asam, mulut terasa manis, terasa seperti logam, maupun pahit. Ada banyak penyebab yang bisa mengakibatkan kondisi ini, sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab guna mencari solusi dan cara tepat untuk mengatasinya.

Berbagai kondisi yang jadi penyebab mulut pahit

Michael Rabovsky, MD, dokter pengobatan keluarga dari Cleveland Clinic menjelaskan Anda tidak perlu terlalu khawatir apabila timbulnya rasa pahit pada mulut tidak berbarengan dengan gejala penyakit lainnya. Umumnya hal ini merupakan efek sementara yang terjadi akibat konsumsi obat atau terapi medis tertentu.

Gangguan mulut ini juga dapat terjadi jika Anda sedang mengalami infeksi mulut, seperti pada gigi dan gusi hingga kondisi kesehatan lain, seperti gangguan asam lambung atau kehamilan.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB

Waktu Tidur Bayi, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB

5 Buah Enak yang Bantu Menguatkan Tulang

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:04 WIB

Roti Enak Ini Tingkatkan Risiko Kematian

Senin, 20 Juni 2022 | 13:56 WIB
X