Pandemi, EO di Bandung Kebanjiran Permintaan Event Virtual

- Kamis, 23 September 2021 | 07:14 WIB
Ide ice breaking Zoom Meeting. (Unsplash/Chris Montgomery)
Ide ice breaking Zoom Meeting. (Unsplash/Chris Montgomery)

LEMBANG, AYOBANDUNG.COM -- Selama dilanda pandemi Covid-19, banyak event organizer (EO) outbound yang berinovasi dengan menghadirkan konsep event virtual, baik itu untuk kegiatan outbound, team building maupun gathering perusahaan. Salah satunya Bellva Adventure Indonesia, EO di Bandung yang telah berinovasi mengusung EO virtual.

Owner Bellva Adventure, Dhani, bersama rekan-rekannya, yang sebelumnya biasa menggelar offroad Bandung Lembang, mencari ide baru agar bisnis EO outbound di Bandung bisa terus bertahan di tengah pandemi. Hingga akhirnya menemukan terobosan event virtual yang bisa dilakukan banyak EO di Bandung.

Baca Juga: Lokasi dan Syarat SIM Keliling Kabupaten Bandung 23 September 2021

Setelah konsep EO virtual itu dijalani sejak November 2020, Dani tak menyangka sambutan dari kalangan perusahaan dan institusi cukup bagus. Banyak peserta yang antusias mengikuti outbound virtual tersebut. Kini dia kebanjiran permintaan dari para klien kalangan perusahaan untuk menggelar outbound team building virtual.

"Banyak perusahaan yang tertarik dan memakai jasa event virtual kami. Alhamdulillah. Kami susun bentuk kegiatannya semudah mungkin agar para peserta bisa mengikuti acara dengan tetap happy. Mereka senang karena bisa tetap mengadakan event saat pandemi. Karena memang macam-macam jenis outbound yang kami buat itu banyak manfaatnya bagi perusahaan," kata Dhani kepada Ayobandung.com, Rabu, 23 September 2021.

Namun, Dhani juga mengakui, pendapatan perusahaannya menurun tajam selama pandemi Covid-19. Sebab, dia mengatakan, permintaan yang masuk untuk menyelenggarakan event wisata outbound di Lembang memang mengalami penurunan signifikan.

Baca Juga: Optimistis Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka

"Sebetulnya banyak yang ingin mengadakan acara wisata ke Lembang. Perusahaan dari Jakarta misalnya, itu banyak yang nanya-nanya outbound team building dan gathering di Lembang Bandung. Tapi hanya sedikit yang sampai deal, karena kemarin kan sempat ada PPKM ya," terang Dhani..

Dia menambahkan, bila dibandingkan antara sebelum dan setelah terjadi pandemi, terjadi penurunan jumlah klien sampai lebih dari 50 persen. Permintaan jasa EO wisata di Lembang mulai merosot pada April dan terus melandai hingga Desember 2020 kemarin. Namun permintaan outbound mulai tumbuh kembali saat memasuki tahun 2021.

Dhani menjabarkan, konsep EO virtual ini tentu lebih terjangkau biayanya bila dibandingkan konsep event yang konvensional. Meski demikian, pengalaman dalam event offline akan dihadirkan ke dalam event virtual. Sebab, event virtual menggunakan fitur baru untuk menghadirkan pengalaman audio visual kepada para peserta.

Baca Juga: Kebiasaan Ini Mempercepat Penuaan Tubuh, Jangan Sepelekan!

"Meski virtual, kami bisa merancang event virtual ini sesuai keinginan perusahaan, lembaga atuapun institusi. Ya kami yakin, ini akan terus berkembang, mungkin di masa depan acara-acara digelar secara virtual," tuturnya.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lokasi dan Tiket Masuk Margacinta Park Terbaru 2022

Kamis, 13 Januari 2022 | 14:01 WIB

FOTO: Indahnya Hutan Menyala Tahura Djuanda

Minggu, 9 Januari 2022 | 20:30 WIB

Lokasi dan Tiket Masuk Ecopark Curugtilu Ciwidey

Jumat, 24 Desember 2021 | 11:53 WIB

Kuliner Malam Bandung dengan View City Light

Senin, 8 November 2021 | 18:34 WIB
X