Kebiasaan Ini Mempercepat Penuaan Tubuh, Jangan Sepelekan!

- Kamis, 23 September 2021 | 07:11 WIB
[Ilustrasi] Penuaan kulit; Penuaan merupakan proses alami yang pasti akan dilalui oleh setiap orang. Akan tetapi, kebiasaan sehari-hari yang kurang baik dapat membuat tanda-tanda penuaan ini menjadi lebih cepat mucul dan terjadi. (Freepik)
[Ilustrasi] Penuaan kulit; Penuaan merupakan proses alami yang pasti akan dilalui oleh setiap orang. Akan tetapi, kebiasaan sehari-hari yang kurang baik dapat membuat tanda-tanda penuaan ini menjadi lebih cepat mucul dan terjadi. (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Penuaan merupakan proses alami yang pasti akan dilalui oleh setiap orang. Akan tetapi, kebiasaan sehari-hari yang kurang baik dapat membuat tanda-tanda penuaan ini menjadi lebih cepat mucul dan terjadi.

Setidaknya ada lima kebiasaan umum yang tanpa disadari dapat mempercepat proses penuaan tubuh. Berikut ini adalah kelimanya, seperti dilansir di Eat This Not That pada Rabu (22/9):

1. Menatap layar gawai

Ilmuwan mengungkapkan bahwa terlalu banyak mendapatkan paparan sinar biru bisa mempercepat penuaan. Sinar biru merupakan sinar yang biasa dipancarkan melalui layar ponsel pintar atau komputer.

Baca Juga: Lokasi dan Syarat SIM Keliling Kabupaten Bandung 23 September 2021

Studi pada 2019 dalam jurnal Aging and Mechanisms of Disease menemukan bahwa cahaya biru dapat merusak sel-sel di otak dan mata. Ilmuwan merekomendasikan untuk mendapatkan lebih banyak cahaya alami. Penggunaan kacamata yang dapat menghalau sinar biru dapat membantu meminimalisasi efek kerusakan tersebut.

2. Tidak menggunakan pelembap dan tabir surya

Dinukil Republika.co.id, pelembap dapat menahan air di dalam kulit sehingga kulit tampak lebih muda menurut American Academy of Dermatology. Untuk efek anti penuaan yang lebih optimal, pilih pelembap yang mengandung tabir surya. Tabir surya akan melindungi kulit wajah dari photoaging yang disebabkan oleh matahari. Pilih pelembap dengan minimal SPF 30 dan kemampuan untuk memblok UVA dan UVB.

3. Tidak cukup tidur

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada! Telapak Kaki Dingin Tanda Kolesterol Tinggi

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:26 WIB

5 Efek Buruk Posisi Tidur Miring Kanan dan Tengkurap

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:56 WIB

5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bikin Awet Muda!

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:22 WIB

6 Manfaat Daun Jelatang, Obat Eksim hingga Rematik

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:51 WIB

3 Minuman Penurun Berat Badan, Bisa Dibuat di Rumah!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:07 WIB

Cara Jaga Kesehatan Otak dengan 6 Kebiasaan Mudah Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:11 WIB

Cara Mengetahui Telur Busuk, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:59 WIB
X