Cara Mengatasi Susah Kentut, Tak Perlu Ribet!

- Rabu, 22 September 2021 | 14:54 WIB
[Ilustrasi] cara mengatasi susah kentut karena berbagai penyebab sebetulnya tak perlu pusing dan ribet. Lantas bagaimana menghilangkan rasa tidak nyaman itu? (Pixabay)
[Ilustrasi] cara mengatasi susah kentut karena berbagai penyebab sebetulnya tak perlu pusing dan ribet. Lantas bagaimana menghilangkan rasa tidak nyaman itu? (Pixabay)

cara mengatasi susah kentut karena berbagai penyebab sebetulnya tak perlu pusing dan ribet. Lantas bagaimana menghilangkan rasa tidak nyaman itu?

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- kentut atau buang angin adalah proses alami untuk membuang gas yang menumpuk di perut.

Namun, tidak sedikit orang yang mengalami susah kentut atau bahkan tidak bisa kentut karena berbagai penyebab. Bila terus dibiarkan, hal ini tentu menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit di bagian perut.

Lantas, apa saja penyebab seseorang tidak bisa kentut? Adakah cara untuk mengatasinya? Semua jawabannya bisa Anda temukan pada ulasan berikut ini.

Baca Juga: 5 Ciri Orang Cerdas dan Jenius, Kamu Termasuk?

penyebab susah kentut?
kentut sembarangan memang dianggap tidak sopan kalau mengeluarkan bunyi atau bau tak sedap. Karena itulah, banyak orang memilih untuk menahan kentut di tengah situasi yang tidak memungkinkan, seperti saat rapat atau berkumpul bersama teman.

Sayangnya, kebiasaan menahan kentut dapat menyebabkan gas di saluran pencernaan menjadi menumpuk. Terlebih kalau Anda memiliki kebiasaan mengunyah permen karet, merokok, atau minum minuman bersoda, maka Anda akan semakin banyak menelan udara. Banyaknya gas di dalam perut lama kelamaan akan memicu sensasi panas dan perut kembung.

Maka itu, gas yang menumpuk di saluran pencernaan harus segera dikeluarkan melalui sendawa atau kentut agar tidak menimbulkan masalah kesehatan. Namun, ketika Anda tidak bisa kentut, ini artinya ada suatu masalah yang sedang terjadi pada saluran pencernaan Anda.

Dilansir dari Everyday Health, seseorang yang tidak bisa kentut dapat disebabkan karena masalah obstruksi perut. Obstruksi perut adalah kondisi penyumbatan usus yang disebabkan oleh tinja, benda asing dari luar, atau kanker. Selain ditandai dengan susah kentut, gejala obstruksi usus lainnya adalah hilangnya nafsu makan, sakit perut, mual, muntah, diare, dan kram perut.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Jarang Disadari

Selasa, 6 September 2022 | 16:13 WIB
X