Apa Itu Angina dan Bagaimana Cara Mendeteksinya?

- Rabu, 22 September 2021 | 14:37 WIB
Ramuan Nabi Muhammad untuk penyakit jantung sebenarnya sudah diperkenalkan dalam ajaran Islam. Ilmu mengenai kesehatan ini ada dalam hadis. (Pixabay/Pexels)
Ramuan Nabi Muhammad untuk penyakit jantung sebenarnya sudah diperkenalkan dalam ajaran Islam. Ilmu mengenai kesehatan ini ada dalam hadis. (Pixabay/Pexels)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Orang-orang yang merasakan gejala angina mengatakan, seperti ada sesuatu yang meremas dada mereka atau beban berat tergeletak di dada.

Dilansir dari Republika.co.id, Angina adalah jenis nyeri dada yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke jantung. Jadi bagaimana cara mendeteksinya?

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan angina jika tidak terkontrol. Mayo Clinic mencantumkan beberapa gejala angina yang harus diwaspadai. Ada enam tanda yang harus diwaspadai, seperti nyeri dada, pusing, kelelahan, mual, sesak napas, dan berkeringat.

Baca Juga: Ciri Gula Darah Tinggi Terlihat dari Ketiak, Segera Cek!

“Meskipun angina relatif umum, masih sulit untuk membedakan dari jenis nyeri dada lainnya, seperti ketidaknyamanan gangguan pencernaan. Jika mengalami nyeri dada yang tidak dapat dijelaskan, segera cari bantuan medis,” jelas Mayo Clinic.

Gejala lain yang dirasakan mungkin juga termasuk merasakan nyeri di lengan, leher, rahang, bahu, atau punggung. Angina biasanya disebabkan oleh arteri yang memasok darah ke otot jantung, menjadi menyempit oleh penumpukan zat lemak.

Ketika kebutuhan oksigen rendah, otot jantung mungkin masih dapat berfungsi pada jumlah aliran darah yang berkurang tanpa memicu gejala angina. Jika Anda meningkatkan kebutuhan oksigen seperti melalui olahraga, angina bisa saja terjadi.

Angina Jadi Peringatan Serangan Jantung atau Stroke

Menurut National Health Service (NHS) Amerika Serikat (AS), angina biasanya tidak mengancam nyawa, tetapi itu adalah tanda peringatan bahwa Anda bisa berisiko terkena serangan jantung atau stroke. Untuk mengendalikan angina dan mengurangi risiko masalah yang lebih serius, bisa dengan kombinasi pengobatan dan perubahan gaya hidup sehat.

NHS merekomendasikan pada mereka yang belum didiagnosis angina, segera temui dokter umum jika mengalami serangan nyeri dada yang berhenti dalam beberapa menit setelah istirahat. Seorang dokter umum akan memeriksa apakah itu mungkin masalah jantung atau bukan, dan akan merujuk ke rumah sakit untuk tes.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X