Ciri Gula Darah Tinggi Terlihat dari Ketiak, Segera Cek!

- Rabu, 22 September 2021 | 13:26 WIB
ilustrasi -- Diabetes jarang menunjukkan gejala. Namun ciri gula darah tinggi bisa terlihat dari kondisi ketiak. Bagaimana tanda dan cara mengenalinya?  (Shutterstock)
ilustrasi -- Diabetes jarang menunjukkan gejala. Namun ciri gula darah tinggi bisa terlihat dari kondisi ketiak. Bagaimana tanda dan cara mengenalinya? (Shutterstock)

ciri gula darah tinggi ternyata bisa terlihat dari kondisi ketiak. Sebab penderita diabetes jarang menunjukkan gejala luka. Namun ciri gula darah tinggi bisa terlihat dari kondisi ketiak. Bagaimana tanda dan cara mengenalinya? Bagaimana tanda dan cara mengenalinya?

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Salah satu pendorong tingkat gula darah melonjak adalah obesitas. Penderita diabetes jarang menunjukkan gejala luka, itulah sebabnya kondisi ini sering dianggap jinak. Namun, jika tidak diobati, diabetes meningkatkan risiko komplikasi kardiovaskular.

American Diabetes Association (ADA) mengatakan satu tanda di leher dan ketiak bisa menjadi tanda peringatan kadar gula darah tinggi yang berbahaya. Diabetes tipe 2, yang biasanya berkembang sekitar usia paruh baya, lebih sering terjadi pada individu yang kelebihan berat badan yang tubuhnya berhenti merespons insulin.

Regulasi insulin yang tidak normal ini menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang signifikan, yang meningkatkan risiko serangan jantung, kebutaan, dan masalah ginjal. Tipe 2 ini dapat terjadi pada tahap kehidupan yang berbeda dan untuk sejumlah alasan yang berbeda.

Baca Juga: Rekomendasi 8 HP RAM 8 GB Murah Terbaik 2021

Dilansir di laman Everyday Health, tanda-tanda awal bahwa kadar gula tidak terkendali mungkin muncul di sekitar leher dan ketiak. ADA memperingatkan bahwa ketika kadar gula darah tinggi secara tidak normal, area tebal kulit dapat terbentuk di bagian belakang leher atau tangan, ketiak, wajah, atau area lainnya.

ADA mengatakan perubahan kulit ini dikenal sebagai acanthosis nigricans, bisa menjadi tanda resistensi insulin. NHS menggambarkan kondisi kulit seperti terdapat bercak hitam pada kulit yang biasanya muncul di ketiak, leher, atau selangkangan.

“Bisa jadi itu pertanda dari kondisi yang mendasarinya, sehingga perlu diperiksakan ke dokter umum. Gejala utamanya adalah bercak-bercak kulit yang lebih gelap dan lebih tebal dari biasanya,” kata National Health Service (NHS) dinukil Republika.co.id.

Baca Juga: Penyebab Jantung Bengkak: Gejala hingga Daftar Makanan untuk Penderita Jantung Bengkak

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bikin Awet Muda!

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:22 WIB

6 Manfaat Daun Jelatang, Obat Eksim hingga Rematik

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:51 WIB

3 Minuman Penurun Berat Badan, Bisa Dibuat di Rumah!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:07 WIB

Cara Jaga Kesehatan Otak dengan 6 Kebiasaan Mudah Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:11 WIB

Cara Mengetahui Telur Busuk, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:59 WIB

Tanda Gejala Gagal Jantung, Waspadai Jenis Batuk Ini!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:02 WIB

3 Risiko Olahraga Sebelum Tidur, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:45 WIB

Cara Hilangkan Lemak Perut, 5 Tips Ini Dijamin Ampuh

Kamis, 21 Oktober 2021 | 09:26 WIB
X