Penyebab Jantung Bengkak: Gejala hingga Daftar Makanan untuk Penderita Jantung Bengkak

- Rabu, 22 September 2021 | 11:45 WIB
Ilustrasi -- penyebab jantung bengkak hingga daftar makanan untuk penderita jantung bengkak menjadi informasi penting agar bisa mendeteksi berbagai kemungkinan masalah kesehatan ke depannya. (Pixabay)
Ilustrasi -- penyebab jantung bengkak hingga daftar makanan untuk penderita jantung bengkak menjadi informasi penting agar bisa mendeteksi berbagai kemungkinan masalah kesehatan ke depannya. (Pixabay)

penyebab jantung bengkak hingga daftar makanan untuk penderita jantung bengkak menjadi informasi penting agar bisa mendeteksi berbagai kemungkinan masalah kesehatan ke depannya.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Organ jantung dalam tubuh manusia memiliki ukuran yang berbeda-beda. Pada kondisi normal, ukuran jantung Anda kira-kira sebesar kepalan tangan Anda sendiri, dengan berat mencapai 200-425 gram.

Meski demikian, ukuran jantung bisa membesar atau membengkak lebih dari biasanya. Adapun hal ini kerap berkaitan dengan berbagai kondisi medis, terutama pada jantung Anda. Lantas, apa saja penyebab jantung bengkak?

Apa penyebab jantung bengkak?
Dalam istilah medis, jantung bengkak disebut juga dengan kardiomegali. Ini merupakan kondisi ketika jantung Anda membesar bila dilihat dari tes pencitraan, seperti rontgen dada.

Baca Juga: Cari Tahu Umur Tulang dengan Teknik Ini

Jantung bengkak atau kardiomegali bukanlah suatu penyakit. Namun, ini adalah gejala atau tanda yang terkait dengan kondisi medis lain. Sebagai contoh, seorang wanita kerap mengalami pembengkakan jantung saat sedang hamil karena stres jangka pendek yang terjadi pada tubuh.

Pada kondisi yang parah, jantung bengkak bisa menjadi tanda suatu penyakit jantung yang serius. Umumnya, ini disebabkan oleh kerusakan pada otot jantung, masalah pada pembuluh darah jantung (arteri koroner), kerusakan pada katup jantung, atau irama jantung yang tidak teratur (aritmia).

Adapun kondisi-kondisi tersebut menyebabkan gangguan aliran darah pada jantung, hingga membuat jantung kesulitan memompa darah. Pada akhirnya, masalah-masalah tersebut menyebabkan jantung jadi bengkak.

Penyakit dan kondisi medis yang menjadi penyebab jantung bengkak

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daftar Tepung untuk Penderita Diabetes, Semua Enak!

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:58 WIB

Cara Mengatasi Cegukan dengan Mudah, Tak Sulit!

Senin, 18 Oktober 2021 | 09:28 WIB

Waspada Kebiasaan Mengucek Mata, Ini Bahayanya!

Senin, 18 Oktober 2021 | 08:28 WIB

5 Olahraga Ringan dan Mudah untuk Kecilkan Paha

Minggu, 17 Oktober 2021 | 13:15 WIB
X