Gabus, dari Rawa Jadi Ikan Hias Jutaan Rupiah

- Selasa, 21 September 2021 | 16:34 WIB
Pepen Rohikmat, pehobi ikan gabus hias di Desa Tarajusari, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Pepen Rohikmat, pehobi ikan gabus hias di Desa Tarajusari, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

BANJARAN, AYOBANDUNG.COM -- Gabus saat ini sedang naik daun dijadikan sebagai ikan hias dengan harga jual mencapai jutaan rupiah. Padahal dulunya ikan tersebut hidup di rawa bahkan menjadi ikan konsumsi yang kurang diperhatikan.

Salah seorang pehobi gabus di Desa Tarajusari, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Pepen Rohikmat (38), mengatakan gabus merupakan ikan dengan habitat rawa atau sungai. Habitat aslinya berada di Asia sampai Afrika.

"Indonesia menjadi salah satu habitat ikan gabus dengan sebaran hampir di seluruh wilayah. Banyak jenis-jenis gabus unggul dari Indonesia," ujar Pepen kepada Ayobandung.com, Selasa 21 September 2021.

Baca Juga: Tips Bisnis Ikan Koi Anti Gagal, Bisa Hasilkan Omset Ratusan Juta

Pada mulanya ikan tersebut biasa dikonsumsi, namun tidak jarang seperti di wilayah Jawa Barat malah diabaikan. Meski demikian, kini ikan tersebut memiliki nilai jutaan rupiah. Untuk ikan dengan ukuran 5 cm, kata Pepen, harganya bisa mencapai Rp35.000.

"Untuk gabus hias itu harga yang 5 cm bisa Rp35.000 per ekor. Kalau yang ukuran 60-90 cm bisa diangka Rp2 juta," katanya.

Harga tersebut untuk gabus hias yang biasa. Harganya bisa mencapai puluhan kali lipat apabila menemukan adanya gabus yang memiliki kelainan genetik.

"Suka ada yang ada kelainan genetik, seperti sisik yang berwarna emas atau putih. Harganya bisa Rp500.000 per ekor untuk ukuran 5 cm," ungkapnya.

Pepen mengatakan, gabus yang dijadikan sebagai ikan hias memang terbilang baru di Indonesia. Walaupun dia telah memelihara ikan kepala ular tersebut sejak 2010.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gabus, dari Rawa Jadi Ikan Hias Jutaan Rupiah

Selasa, 21 September 2021 | 16:34 WIB

FESTRA 2021: Menjaga Kebudayaan Indonesia

Selasa, 7 September 2021 | 10:24 WIB

Inovasi Baru, Budi Daya Stroberi di Peti Kemas

Kamis, 5 Agustus 2021 | 17:55 WIB
X